Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-52 Kabupaten Karanganyar

EDITDSC_6666
Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) 11.13 Karanganyar, Samsi memimpin Upacara Hari Pramuka Ke-52, di Lapangan Desa Bener Tawangmangu, Kamis (22/08).

KARANGANYAR (22/08/2013) – Bertempat di Lapangan Desa Bener Kec. Tawangmangu, Kamis, 22 Agustus 2013 Sekda Karanganyar Drs. Samsi, M.Si selaku Ketua Kwarcab 11.13 Karanganyar memimpin langsung Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-52 Tahun 2013. Upacara dihadiri oleh Muspida, beserta Kepala SKPD Kab. Karanganyar.

Sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Prof Dr. dr. H. Azrul Azwar, MPH yang dibacakan langsung oleh Sekda Karanganyar mengatakan bahwa kaum muda dihadapkan pada dua masalah besar yaitu yang berkaitan dengan masalah sosial dan masalah kebangsaan. Masalah sosial meliputi NAPZA dan obat terlarang, hubungan seksual pra-nikah dan aborsi yang disebabkan pergaulan bebas, perkelahian, tawuran dan kekerasan serta kriminal remaja.

Sedangkan masalah kebangsaan meliputi antara lain solidaritas sosial rendah, semangat kebangsaan rendah, semangat bela Negara rendah, dan semangat persatuan dan kesatuan rendah. Lanjut dikatakan permasalahan ini tentu saja sangat memperihatinkan kita semua, disinilah menjadi penting peranan gerakan Pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal yang tujuan utamanya adalah untuk membentuk kaum muda berkarakter, menanamkan semangat kebangsaan, dan meningkatkan keterampilan. Pendidikan kepramukaan sebagai salah satu pilar pendidik kaum muda di Indonesia, dituntut untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dalam menyelesaikan masalah kaum muda.

Dalam akhir sambutannya beliau berharap semoga peringatan Hari Pramuka kali ini dapat mendorong perkembangan keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda yang lebih baik, sehingga dapat menjadi warga Negara yang bertanggung jawab serta calon pemimpin bangsa yang lebih handal pada masa depan. ad