Paskibrata Karanganyar Dikukuhkan

Sebanyak 80 Pasukan Pengibar Bendera Tanah Air (Paskibrata) Kabupaten Karanganyar dikukuhkan oleh Bupati Karanganyar, Rina Iriani, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Kamis (15/08).
Sebanyak 80 Pasukan Pengibar Bendera Tanah Air (Paskibrata) Kabupaten Karanganyar dikukuhkan oleh Bupati Karanganyar, Rina Iriani, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Kamis (15/08).

Karanganyar, Jumat (16/08/2013)

Sebanyak 80 Pasukan Pengibar Bendera Tanah Air (Paskibrata) Kabupaten Karanganyar dikukuhkan oleh Bupati Karanganyar, Rina Iriani,di Pendopo Rumah Dinas, Kamis (15/08).

Paskibrata itu merupakan hasil seleksi dari berbagai sekolahan terutama juara lomba PBB tahun 2013. Ada sekitar 25 sekolah terdiri SMA, SMK, MA.

Mereka digembleng secara fisik maupun pengetahuan kebangsaan oleh tim pelatih dari Kodim 0727/ Karanganyar, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar, dan Purna Paskibraka.

“Latihan berjalan selama 25 hari, dari pagi sampai siang hari,” ujar Joko Sutrisno, koordinator siswa yang dilatih.

Pembawa Bendera Merah Putih saat Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-68 Tahun 2013 yakni Nadia Adelina, duduk di kelas dua dari SMA 1 Karanganyar. Dara kelahiran 20 November 1996 menyatakan siap menjalankan dan kepercayaan yang diberikan kepadanya.

“Tanggal 17 Agustus nanti semoga sukses dan lancar,”harapnya.

Sedangkan untuk pembawa bendera saat penurunan bendera pada sore hari oleh Irlina Rimanda, perempuan kelahiran 23 Oktober 1996, yang duduk kelas dua di  SMK Penerbangan Bina Dirgantara juga optimis bisa menjalankan tugasnya.

“Tentunya bangga dan tidak menyangka dipercaya untuk membawa bendera merah putih,” ucap Irlina.

Dirinya juga mengaku selama seleksi sampai menjalani latihan hampir satu bulan tidak mengalami hambatan.

Sementara itu, Bupati Rina Iriani mengatakan penanaman rasa cinta tanah air harus tetap terpatri pada setiap anggota Paskibrata, terutama yang berkaitan dengan pelestarian nilai-nilai perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia yaitu semangat gotong royong, untuk tetap terjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan negara.pd