Tujuh Kendaraan Terjaring Razia

Petugas dari Dishubkominfo Kabupaten Karanganyar saat memeriksa kelaikan bis umum dalam razia gabungan dengan Satlantas Polres Karanganyar, di pertigaan Sroyo, Selasa (13/08) siang
Petugas dari Dishubkominfo Kabupaten Karanganyar saat memeriksa kelaikan bis umum dalam razia gabungan dengan Satlantas Polres Karanganyar, di pertigaan Sroyo, Selasa (13/08) siang

Karanganyar, Rabu (14/08/2103)

Razia kendaraan muatan penumpang dan bermuatan barang,  dilakukan gabungan dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Karanganyar dengan Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Karanganyar, di pertigaan Sroyo, Karanganyar, Selasa (13/08) siang.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Operasional Dishubkominfo, Joko Mulyono mengatakan, sidak ini dilakukan untuk menekan  angka kecelakaan lalu lintas yang disebabkan ketidaklaikan komponen kendaraan umum seperti ban, rem, lampu, selain itu juga dilakukan pemeriksaan adminitrasi kendaraan.

”Masih ada yang melanggar adminitrasi, kemungkinan sopir tidak mau mengurus ijin trayek sehingga ijin trayek kendaraan tidak dimiliki” kata Joko Mulyono.

Dia meminta para sopir yang tidak memiliki izin trayeknya diminta untuk mengurus ijin serta kelengkapan kendarannya. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi angka kecelakaan dijalan raya serta kenyamanan dan keamanan penumpang.

Dalam sidak didapat kendaraan umum yang tidak laik jalan dikarenakan adanya komponen yang rusak yaitu dua colt dan satu bis. Kendaraan tersebut terpaksa di berhentikan guna memenuhi sanksi adminstratif. Para penumpang yang diberhentikan tersebut kemudian dialihkan ke kendaraan umum yang lain.

“Kendaraan yang tidak laik jalan terpaksa kami tindak,” jelas dia.

Selain memberhentikan kendaraan yang tidak memenuhi adminitrasi, petugas juga menilang empat kendaraan disebabkan Buku Uji dan Ijin Trayek tidak ada.pd