Dishubkominfo Cek Angkutan Balik Lebaran 2013

Petugas dari Dishubkominfo memeriksa kelaikan ban bis angkutan balik lebaran 2013, di Terminal Tegalgede, Minggu (11/08)
Petugas dari Dishubkominfo Karanganyar memeriksa kelaikan ban bis angkutan balik lebaran 2013, di Terminal Tegalgede, Minggu (11/08)

Karanganyar, Senin (12/08/2013)

Pemkab melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karanganyar melakukan pengecekan kelaikan angkutan balik Lebaran di Alun-Alun Karanganyar dan Terminal Tegalgede, Minggu (11/8). Kegiatan tersebut dilakukan sebagai wujud pelayanan masyarakat dalam hal keselamatan transportasi.

Sebanyak 12 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Petugas dari Dishubkominfo Karanganyar memeriksa kondisi bus angkutan balik Lebaran antara lain rem, sein, ban, wiper, pemecah kaca, dan kelengkapan administrasi.

Kepala Dishubkominfo Karanganyar, Nunung Susanto menyebutkan ban bus tidak boleh vulkanisir. Peralatan baik Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) serta alat keselamatan lainnya. “Ada peraturan mengenai keselamatan penumpang. Ban tidak boleh vulkanisir,” kata dia.

Pihaknya memperkirakan arus balik 2013 mencapai 7.850 kendaraan, baik roda dua, roda empat, maupun kendaraan umum. Angka itu jauh lebih rendah dari 2012 lalu. Di mana, kendaraan pemudik menyentuh angka 8.150 unit. Penurunan tersebut menurut Nunung disebabkan adanya program mudik gratis yang digelar oleh sejumlah Pemerintah dan perusahaan . “Selain itu, masyarakat banyak yang beralih menggunakan kereta api dan kapal menuju tempat tujuannya,” ujarnya. pd