Bupati Rina Sidak di Hari Pertama Kerja

Bupati Karanganyar, Rina Iriani melihat langsung absensi PNS dalam sidak di beberapa tempat kantor Pemerintahan, Senin (12/08)
Bupati Karanganyar, Rina Iriani melihat langsung absensi PNS dalam sidak di beberapa tempat kantor Pemerintahan, Senin (12/08)

Karanganyar, Senin (12/08/2013)

Setelah libur panjang  hari raya Idul Fitri 1434 Hijriah/2013 Masehi, Bupati Karanganyar Rina Iriani, Senin (12/08), melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa kantor pemerintahan.

Sidak dilakukan oleh Bupati Rina Iriani untuk mengetahui kehadiran Pegawai Negeri Sipil (PNS) setelah libur lebaran selama satu minggu. Sidak dilakukan pukul 07.00 WIB  diawali mendatangi PNS di Kecamatan Kebakkramat.

Kedatangan Rina Iriani secara tidak terjadwal dan masih pagi hari membuat sebagian pelayan masyarakat  kaget.  Ada beberapa PNS yang tidak masuk kerja pada hari pertama ini, dan tidak mengetahui jika terdapat sidak yang dilakukan oleh Pimpinan Kabupaten Karanganyar tersebut.

Rina Iriani menemukan ada tiga PNS di Kecamatan Kebakkramat yang tidak masuk kerja pada hari pertama setelah libur Idul Fitri tahun ini.

“Dari hasil sidak ini rupanya masih ada yang melakukan indisipliner, ada yang telat apel. Kalau alasannya mengantar anak istri tentunya berangkat lebih pagi, supaya tidak telat,” kata Rina.

Selain itu, sidak juga di dilakukan Balai Desa Nangsri, Kecamatan Tasikmadu dan Puskesmas Tasikmadu.Dirinya mengatakan di desa jangan hanya sekdes saja yang datang tepat waktu.

“Melayani masyarakat di desa jangan sampai lelet, harusnya aparat desa datang lebih pagi, kasihan apabila ada masyarakat yang datang tapi belum ada yang datang” ujar dia.

Selain Bupati Karanganyar, sidak juga dilakukan oleh Sekretaris Daerah Karanganyar, Samsi, ada beberapa tempat yang didatangi oleh Sekda yakni Kelurahan Cangakan, Jungke, Lalung, Puskesmas Karanganyar, dan Kecamatan Karanganyar, hasil dari peninjauan ini tidak ada pegawai membolos di hari pertama masuk kerja setelah libur hari raya.

Namun dirinya menyayangkan masih ada PNS yang dalam berpakaian tidak mematuhi aturan.

“Tadi masih terdapat yang atributnya tidak lengkap, atau salah. Misalnya sabuk tidak Korpri, sepatu tidak yang bertali,”ujar Samsi.

Inspeksi ini dilakukan guna menekan ketidakdisiplinan PNS di Kabupaten Karanganyar ini dan  sidak ini akan menumbuhkan tanggung jawab kerja dikalangan PNS,  serta, para pegawai negeri sipil akan menjadi jera untuk tidak melakukan bolos kerja.pd