Hari ini, 177 Kades di Karanganyar Terima Motor Dinas

Sebanyak 177 kepala desa (kades) bakal menerima sepeda motor dinas untuk kegiatan operasional, Sabtu (3/8/2013).

Setiap kades laki-laki akan menerima sepeda motor Honda Mega Pro sementara kades perempuan menerima Honda Supra.

Motor dinas para kades bakal diberikan langsung oleh Bupati Karanganyar, Rina Iriani SR di halaman Setda Karanganyar. Setiap kades harus mengambil motor dinas baru dan tidak boleh diwakilkan orang lain.

Plt Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DP2KAD) Karanganyar, Ani Indriastuti, mengatakan anggaran yang dikucurkan untuk pengadaan motor dinas kades senilai kurang lebih Rp3,5 miliar. Setiap kades dijatah Rp20 juta unuk pengadaan pembelian sepeda motor dinas.

“Proses lelang motor dinas sudah kelar. Sepeda motor segera dibagikan kepada kades untuk menunjang kegiatan operasional setiap hari,” katanya kepada wartawan, Jumat (2/8/2013).

Para kades yang berdomisili di wilayah lereng pegunungan akan menerima sepeda motor Honda Mega Pro. Pasalnya, medan di lereng pegunungan cukup berat sehingga kondisi sepeda motor harus prima. Dengan pemberian sepeda motor dinas baru maka pelayanan terhadap masyarakat dapat meningkat di setiap desa. Kades dapat menangani permasalahan administrasi hingga permukiman penduduk.

“Diharapkan pelayanan masyarakat lebih prima dan meningkat termasuk yang berdomisili di wilayah pedalaman,” jelasnya.

Kepala Bagian Pemerintahan Desa dan Kelurahan Setda Karanganyar, Sunarno, menyatakan proses lelang dilakukan langsung oleh DP2KAD dan Bagian Perlengkapan Setda Karanganyar. Seluruh motor kades bakal diganti dengan motor baru yang menyesuaikan dengan domisilinya.