21 Ambulans Disiagakan di Pospam Lebaran Karanganyar

Sebanyak 21 mobil ambulans disiagakan di enam pos pengamanan (pospam) selama perayaan Lebaran.

Mobil tersebut digunakan untuk mengangkut pemudik yang menderita sakit atau mengalami kecelakaan lalu lintas.

Bupati Karanganyar, Rina Iriani SR, melakukan pengecekan kesiapan mobil ambulans yang disiagakan selama arus mudik dan balik Lebaran di halaman Setda Karanganyar, Kamis (1/8/2013).

Setiap kelengkapan mobil ambulans diperiksa satu persatu termasuk peralatan medis di dalamnya. Saat pengecekan, didapati kelengkapan mobil ambulans rusak seperti air conditioner (AC) dan kondisi ban mobil yang sudah gundul.
Rina meminta agar instansi terkait segera memperbaiki mobil ambulans yang rusak.

“Memang ada beberapa kelengkapan mobil yang rusak makanya harus diperbaiki sebelum digunakan melayani para pemudik,” ujarnya.

Selain disiagakan di pos pengamanan Lebaran, mobil ambulans keliling juga akan disiagakan di setiap Puskesmas yang berada di jalur mudik dan balik Lebaran. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi bila terdapat masyarakat yang menderita sakit cukup parah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, Cucuk Heru Kusumo, menyatakan pihaknya telah menyiapkan petugas kesehatan yang disiagakan di pos pengamanan selama 24 jam. Petugas kesehatan juga disiagakan di Puskesmas yang berada di jalur mudik dan balik Lebaran.