2 Tanjakan di Jalur Tawangmangu

Para pemudik diminta mewaspadai dua tanjakan di jalur Tawangmangu yang rawan kemacetan arus lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran. Kedua tanjakan tersebut adalah Tawang dan Blumbang.

Kapolsek Tawangmangu, AKP Riyanto, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Nazirwan Adji Wibowo, mengatakan pihaknya akan menyiagakan petugas di sekitar kedua tanjakan tersebut. Petugas akan dibantu elemen masyarakat seperti pramuka dan karang taruna untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan arus lalu lintas.

“Ada pos pengamanan di kedua tanjakan tersebut untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas,”.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan mobil derek di sekitar tanjakan jalan. Apabila terjadi mobil pemudik yang mogok di jalan maka langsung dievakuasi oleh mobil derek. Hal ini dilakukan agar tak terjadi kemacetan arus lalu lintas yang disebabkan mobil pemudik mogok di jalan.

Di sekitar tanjakan jalan juga disiapkan balok-balok kayu untuk mengganjal ban mobil saat terjadi penumpukan kendaraan bermotor.

“Kami telah berkoordinasi dengan unsur Muspika Tawangmangu untuk mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas saat perayaan Lebaran. Mobil derek dan balok disiapkan di sekitar tanjakan jalan,” ujarnya.

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Karanganyar untuk mengatasi penumpukan kendaraan bermotor di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Boma dan Somokado. Dikhawatirkan, terjadi antrean panjang kendaraan bermotor di depan loket TPR lantaran meningkatnya jumlah wisatawan.

Sementara Kepala Disparbud Karanganyar, Sundoro, menyatakan petugas Petugas di loket TPR bakal ditambah selama libur cuti Lebaran. Mereka akan melakukan jemput bola yakni mendekati kendaraan bermotor yang hendak menuju Tawangmangu. Diharapkan dengan sistem jemput bola tidak terjadi antrean panjang di depan loket TPR.