MUDIK LEBARAN 2013 : 6 Pospam Disiapkan di Karanganyar

Sedikitnya enam buah posko pengamanan (pospam) bakal disiapkan di Karanganyar menjelang mudik Lebaran 2013.

Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Suwarsi, mewakiki Kapolres Karanganyar, AKBP Nazirwan Adji Wibowo, menerangkan pospam akan disebar di enam titik yakni di Colomadu, Jaten, Kebakkramat, Bejen, Terminal Tawangmangu, dan Cemoro Kandang.

Jumlah pospam pada Lebaran kali ini terhitung lebih banyak dibandingkan dengan persiapan tahun lalu yang hanya menyigakan lima pospam. Keenam pospam tersebut akan mulai dioperasikan pada H-7 Lebaran hingga H+7 Lebaran.

Suwarsi mengatakan pihaknya akan menyiagakan lebih kurang 400 personel untuk berjaga selama 24 jam di seluruh pospam. Selain untuk menjaga keamanan, petugas juga disiagakan untuk mengatur lalu lintas di jalur mudik yang padat.

“Jadi nanti 400 personel tersebut akan disebar di enam pospam,” jelas Suwarsi saat dijumpai seusai menggelar uji layak jalan bagi angkutan lebaran di PO Langsung Jaya, Jaten, Karanganyar, akhir pekan kemarin.

Menurut Suwarsi, hanya terdapat dua pospam yang disertai dengan rest area, yaitu di pospam Sroyo, Jaten dan Waru, Kebakkramat. Namun, pemudik tetap dapat beristirahat di empat pospam lainnya.

“Empat posko lainnya tetap bisa untuk istirahat sementara waktu, tapi lokasinya tidak seluas rest area di Waru dan Sroyo,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Karanganyar, Rina Iriani, menyatakan seluruh pospam bakal dilengkapi dengan petugas dan perlengkapan medis. Dia mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar untuk menyiagakan tenaga medis di masing-masing pospam.

“Jadi nanti kami minta ada perawat, obat-obatan, dan kalau perlu ambulans yang disiapkan di tiap pospam. Sejak dulu memang begitu, tiap pospam selalu dilengkapi dengan tim medis,” imbuhnya