Rambu Portabel Siap Sambut Pemudik

Pemasangan rambu-rambu portabel mulai dilakukan oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karanganyar di sejumlah titik strategis yang dilalui para pemudik. Pemasangan rambu bertujuan untuk mempermudah para pemudik menuju daerah tujuan.

Sedikitnya ada 26 rambu portabel yang dipasang secara serentak oleh Dishubkominfo di sejumlah lokasi, Jumat (26/7) siang. Di antaranya rambu penunjuk arah dipasang di perempatan Papahan, simpang Brigif Jaten, simpang Koramil Tasikmadu, serta Mojogedang.

Selain rambu penunjuk arah, Dishubkominfo juga memasang rambu portabel peringatan di dua perlintasan kereta api tanpa palang pintu, yakni di Desa Waru serta Desa Pulosari, Kecamatan Kebakkramat. Rambu portabel tersebut berisi peringatan agar waspada terhadap kereta api yang lewat.

Kepala Dishubkominfo Karanganyar, Nunung Susanto mengungkapkan total rambu portabel yang akan dipasang untuk menghadapi arus mudik sebanyak 184 rambu. Menurutnya, pemasangan rambu akan dilakukan secara bertahap. “Kita pasang secara bertahap. Setidaknya H-10 lebaran semua rambu sudah terpasang di semua titik yang telah ditentukan. Diperkirakan saat itu arus mudik sudah mulai ramai,” jelasnya.

Selain 184 rambu portabel, Dishubkominfo juga akan memasang 10 rambu pendahulu petunjuk jurusan (RPPJ) yang akan memandu para pemudik sampai ke tujuan masing-masing, lampu penerangan lima unit, dan barikade road portable sebanyak 15 buah. Di samping itu, persiapan lain yang akan dilakukan adalah pengecatan marka jalan sepanjang 3.256 meter. “Seluruh prasarana itu akan dipasang di jalan kabupaten yang dilalui arus mudik. Nanti untuk jalur mudik yang masuk jalan provinsi ada lagi tambahan pemasangan rambu,” terang Nunung.

Lebih lanjut, ia menambahkan khusus untuk jalur mudik di wilayah Kecamatan Tawangmangu, pihaknya juga akan memasang guard rail atau pagar pengaman di jalan utama sepanjang 100 meter. Pemasangan ini diharapkan dapat mencegah terjadinya kecelakaan, mengingat medan jalan naik turun serta menikung. “Guard rail tersebut dipasang untuk pengamanan agar tak terjadi kecelakaan,” pungkasnya.