REKAM E-KTP : Tetap Dilayani Selama Cuti Lebaran

Pemerintah Kecamatan Matesih dan Jumantono, Kabupaten Karanganyar akan tetap membuka pelayanan pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) selama cuti Lebaran 2013.

Pasalnya, mayoritas penduduk yang belum melakukan perekaman pas foto, tanda tangan, dan sidik jari untuk E-KTP merupakan para perantau. Mereka dimungkinkan pulang kampung saat Lebaran.

“Memang sebagian besar yang belum terekam [E-KTP] adalah penduduk yang boro [merantau]. Sehingga saat mudik nanti mereka kemungkinan baru dapat rekam E-KTP,” ungkap Camat Matesih, Murdatmo, saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, baru-baru ini.

Berdasarkan hasil verifikasi data yang dilakukan Dispendukcapil Karanganyar pada Juni lalu, lebih kurang terdapat 30.372 penduduk di wilayahnya yang telah melakukan rekam E-KTP. Sementara, total jumlah wajib KTP di Kecamatan Matesih mencapai 32.561penduduk. Dengan demikian, jumlah penduduk yang belum melakukan rekam E-KTP lebih kurang sebanyak 2.189 jiwa. Dia menargetkan perekaman E-KTP 2.189 warga tersebut dapat selesai selama bulan Ramadan dan Lebaran mendatang.

Waktu Pelayanan

Murdatmo menyatakan pihaknya akan tetap membuka pelayanan E-KTP selama cuti Hari Raya Idul Fitri, yakni pada Senin-Sabtu (5-10/8/2013). Meski seluruh pegawai kecamatan telah mengambil jatah cuti, Murdatmo akan menugaskan beberapa operator E-KTP untuk piket selama cuti bersama kecuali pada Hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada Kamis-Jumat (8-9/8/2013).

“Jadi nanti tetap ada petugas yang melayani rekam E-KTP, meskipun jam pelayanannya tidak seperti biasa, mungkin lebih singkat,” imbuhnya.

Camat Jumantono, Timotius, juga mengatakan bakal tetap membuka pelayanan rekam E-KTP di kantor kecamatan selama cuti Lebaran. “Ya kami akan tetap melayani perekaman E-KTP selama cuti, tapi tepat pada Hari Raya Idul Fitri tentunya pelayanan libur dua hari,”.

Sedikitnya, terdapat 36.214 wajib KTP di Kecamatan Jumantono. Berdasarkan hasil verifikasi data yang dilakukan Dispendukcapil hingga pekan pertama Juni 2013, sebanyak 31.901 warga telah melakukan rekam E-KTP.