162 Desa Digelontor ADD Rp 10,5 Miliar

Bupati Karanganyar, Rina Iriani menyerahkan dana bantuan untuk desa, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Kamis (04/07) pagi.
Bupati Karanganyar, Rina Iriani menyerahkan dana bantuan untuk desa, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Kamis (04/07) pagi.

Karanganyar, Jumat (05/07/2013)

Pemerintah Kabupaten Karanganyar memberikan bantuan dana kepada 162 desa. Dana tersebut diambilkan dari Alokasi Dana Desa (ADD) APBD 2013 senilai Rp 105 miliar.

Jumlah bantuan yang diterima tiap desa berbeda-beda. Untuk bantuan terbesar diberikan kepada Desa Ngringgo yakni Rp 131 juta dan yang memperoleh dana terkecil yaitu Desa Salam, Karangpandan Rp 50 juta.

“Selain itu, dana bagi hasil pajak retribusi daerah sebesar Rp 2 miliar. Diberikan bagi desa klasifikasi A sebesar Rp 12 juta, dan klasifikasi B Rp 10 juta,” ujar Any Indrihastuti, Asisten Pemerintahan, saat  pengarahan bagi kepala desa penerima bantuan keuangan desa tahun 2013, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Kamis (04/07). Any juga menambahkan ada bantuan rehab balai desa sebesar Rp 1,275 miliar bagi 15 desa dan 28 kegiatan.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Karanganyar, Rina Iriani mengatakan  pengarahan kepada kepala desa se-Bumi Intanpari memiliki peranan penting. Pasalnya, kepala desa merupakan main role dalam pelaksanaan pembangunan di desa. Tanggung jawab dan kebijakan yang diemban bukan tanggung jawab main-main.

“Prinsip  tepat sasaran dan tepat guna harus ditegakkan. Tepat di sini adalah penerima bantuan harus benar-benar yang membutuhkan, serta sesuai dengan proposal yang diajukan,” ujar Bupati Rina.

Ia juga menambahkan tertib administrasi dan keuangan adalah salah satu syarat terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan baik (clean and good governance).

“Transparansi dan akuntabilitas bantuan keuangan kepada desa merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban kita, baik kepada masyarakat maupun negara,” tandas Rina Iriani. pd