Satpol PP Diminta Tetap Sigap Dalam Tugas

Satpol PP tetap konsisten dalam menjaga citra dan wibawa melalui tugas serta fungsi
Satpol PP tetap konsisten dalam menjaga citra dan wibawa melalui tugas serta fungsi

Karanganyar, Selasa (25/06/2013)

Dalam era keterbukaan sekarang ini, pemerintah selaku penyelenggara negara dituntut untuk senantiasa sigap dalam mengemban amanat, tugas, dan kewajibannya.

Untuk itu, seluruh instrumen penyelenggara negara harus lebih tanggap untuk merespon berbagai tuntutan masyarakat dan melayani mereka dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan ketentuan peraturan, tugas pokok dan fungsinya.

“Peran menjaga, melindungi, ketentraman dan ketertiban masyarakat tentu diarahkan kepada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) sebagai salah satu institusi pengemban tugas pokok dan fungsi penjaga ketentraman dan ketertiban di level bawah,” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar, Samsi, saat membuka Pembinaan Kepala Seksi Tramtib Kecamatan dan Satpol PP se Bakorwil II Surakarta, di Hotel Taman Sari, Karanganyar, Selasa (25/06) pagi.

Samsi memberikan arahan agar dalam melaksanakan tugas dan fungsi Satpol PP mengedepankan pendekatan partisipatif, yaitu melaksanakan tugas ketertiban dan ketentraman masyarakat melalui pendekatan yang humanis dan memberi ruang bagi seluruh unsur masyarakat.

“Hendaknya membuka keran demokrasi untuk secara transparan berdiskusi dan menampung partisipasi masyarakat sehingga mendapatkan informasi akurat untuk mengambil kebijakan terbaik terhadap persoalan yang ada,” ujarnya.

Selain itu juga strategi komunikasi yang baik, dibutuhkan agar tercipta keselarasan bersama, meningkatkan kesepahaman dan persamaan persepsi, serta pada akhirnya membawa kepada keharmonisan hubungan antara pemerintah dengan masyarakat, antara sesama anggota masyarakat, serta antara sesama institusi pemerintah.pd