KPU Tetapkan Hasil Perolehan Suara Pilgub Jateng

KPU Kabupaten Karanganyar melakukan sidang pleno terbuka dengan agenda rekapitulasi perolehan suara Pilgub Jateng, di Ruang OR, Komplek DPRD Karanganyar, Sabtu (01/06)
KPU Kabupaten Karanganyar melakukan sidang pleno terbuka dengan agenda rekapitulasi perolehan suara Pilgub Jateng, di Ruang OR, Komplek DPRD Karanganyar, Sabtu (01/06)

Karanganyar, Senin  (03/06/2013)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten mengadakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Tengah,  Sabtu (01/06)

Rekapitulasi itu merupakan hasil perolehan suara dari 17 Kecamatan di Kabupaten Karanganyar, dengan jumlah suara sah sebanyak 401.065, sedangkan suara tidak sah sebesar 24.947.

“Jumlah keseluruhan yang menggunakan hak pilih sebesar 426.012 atau 61,65 persen,” jelas  Ketua KPU Kabupaten Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho.

Pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko (Gagah) sebanyak  258.776, kemudian Bibit Waluyo-Sudijono Sastroatmodjo (Bissa) sebanyak 86.387, selanjutnya Hadi Prabowo-Don Murdono (HP-Don) memperoleh suara sebesar 55.902, sedangkan jumlah Daftar Pemilih Tetap  sebanyak 691.104.

Sementara itu, angka golput mencapai 290.039 pemilih atau sekitar 38,35 persen.

Menurut Sri Handoko, salah satu faktor penyebab tingginya angka golput karena sebagian penduduk Karanganyar yang tercatat dalam DPT sedang merantau atau boro. Sebagian lainnya, kemungkinan telah meninggal dunia, pindah tempat tinggal atau menempuh pendidikan di kota lain.

“Permasalahannya pendataan pemilih berbasis yuridis de jure dari data administrasi kependudukan, padahal mungkin saja orangnya KTP Karanganyar tapi tidak tinggal di sini. Apalagi di 4J (Jatipuro, Jumantono, Jumapolo, Jatiyoso) yang datang hanya 50 persen, banyak yang boro,” tandasnya.

Dia juga mengaku telah menyelenggarakan sosialisasi secara maksimal untuk menekan angka golput di Kabupaten Karanganyar. Pihaknya juga telah menyerahkan undangan kepada setiap pemilih sejak jauh-jauh hari sebelum Pilgub dilaksanakan.

“Kami sudah sering sosialisasi yang berlangsung sejak lama, tapi kenyataannya sangat  susah memaksimalkan partisipasi masyarakat,” jelasnya.

Rekapitulasi yang diadakan di Ruang OR, Komplek DPRD,  dipimpin oleh Ketua KPU Kabupaten Karanganyar, Sri Handoko Budi Nugroho, hadir seluruh anggota, Ketua Panwaslu, Ketua/anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 17 Kecamatan di Kabupaten Karanganyar, dan saksi dari tiga pasangan calon, berjalan kondusif.pd