Kerja Bakti Masal APPMD Wahyu Sekar Mulyo

Kerja bakti masal warga desa Sambirejo, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar, Minggu (02/06)
Kerja bakti masal warga desa Sambirejo, Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar, Minggu (02/06)

Karanganyar, Minggu (02/06/2013)

600 warga Dusun Ngelosari dan Dondong, Desa Sambirejo, Kecamatan Jumantono, Karanganyar yang tergabung dalam Asosiasi Paguyuban Peduli Masyarakat Desa (APPMD) Wahyu Sekar Mulyo menggelar kerja bakti masal memperbaiki jalan rusak sepanjang satu kilometer, Minggu (2/6) pagi. Kegiatan tersebut murni dengan tenaga dan dana mandiri.

Langkah ini menjadi bukti bahkan masyarakat tidak terlalu bergantung kepada Pemkab Karanganyar. Pasalnya, sering kali masyarakat lebih mengedepankan aksi frontal untuk menyampaikan aspirasinya. Di antaranya dengan menanami jalan rusak dengan pohon atau lainnya.

Ketua APPMD Wahyu Sekar Mulyo, Suparman juga mengaku kegiatan itu dilaksanakan untuk menumbuhkan kembali jiwa gotong royong di dalam masyarakat. Menurutnya, selama ini gotong royong mulai terkikis sedikit demi sedikit. “Dalam kegiatan ini, kami melibatkan semua pihak. Baik karang taruna hingga orang tua di Dusun Ngelosari dan Dondong. Tapi ada juga masyarakat di luar dusun juga ada yang membantu kegiatan itu,” kata dia.

Dia menambahkan, masyarakat tidak ingin terlalu bergantung kepada Pemkab Karanganyar. Oleh karena itu, masyarakat bersama-sama menanggung semua pembiayaan untuk memperbaiki jalan yang rusak. “Jalan yang rusak ini sepanjang satu kilometer. Informasi menyebutkan jika jalan ini milik Dinas Pekerjaan Umum (DPU), tapi ada juga yang mengatakan bukan milik DPU. Kami pun memutuskan untuk memperbaikinya sendiri,” ujar Suparman.

Kegiatan itu menurut dia sudah dirancang sedemikian rupa. Baik dari sisi peralatan, logistik, material maupun tenaga. “Kami semua bahu membahu dalam memperbaiki jalan yang rusak. Kami tidak perlu menanam pohon pisang di tengah jalan sebagai wujud protes. Dengan seperti itu, jalan juga tidak akan bagus dengan sendirinya,” tuturnya. pd