Wabup : Penggunaan Dana Hibah Harus Hati-Hati

Wakil Bupati Karanganyar, Paryono
Wakil Bupati Karanganyar, Paryono

Karanganyar, Selasa (28/05/2013).

Wakil Bupati Karanganyar, Paryono memberikan pembinaan kepada 177 kepala desa/ lurah dan 17 camat se-Karanganyar, Selasa (28/05). Pembinaan itu terkait dengan penggunaan dan pertanggungjawaban dana hibah pemberdayaan masyarakat.

Dalam arahannya, dia meminta kepada semua penerima hibah untuk berhati-hati dalam hal pencairan, penggunaan, dan pembuatan laporan pertanggungjawaban. Paryono menegaskan, lurah atau kepala desa menjadi penanggungjawab penggunaan dana itu di tiap desa. “Kepala desa sebagai penanggungjawab kegiatan itu. Semua program harus terwujud dan penggunaannya harus hati-hati,” kata dia di Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Semua penerima hibah, lanjut dia, diberi waktu penggunaannya hingga 31 Desember 2013. Dia mengingatkan kepada penerima hibah untuk cermat dan tangkas dalam pencairan. “Pencairannya jangan mepet 31 Desember. Pada tanggal itu, semua kegiatan sebagai realisasi hibah harus sudah selesai,” ujarnya.

Di sisi lain, orang nomor dua di jajaran Pemkab Karanganyar itu mengingatkan kepada semua perangkat desa dan kecamatan untuk tidak menanggapi ulah oknum yang jika mencoba meminta dana. “Kalau ada oknum yang minta, camat dan lurah jangan sampai menanggapinya,” tuturnya.

Pertimbangannya, dana hibah sudah jelas peruntukkannya dan sesuai dengan proposal yang sudah masuk. Selain itu, dana itu hanya diwujudkan pada program yang spesifik, salah satunya untuk pembangunan gapura. “Dana hibah jangan digunakan untuk membeli alat-alat RT maupun operasional. Ini sudah jelas peruntukkannya,” imbuh dia.

Sementara itu, Inspektur Karanganyar, Suprapto yang juga hadir dalam kegiatan itu menegaskan, siap melakukan pengawasan terhadap penggunaan dana itu. Inspektorat akan tetap menerjunkan petugas untuk melakukan pengecekan ke lapangan. “Selain tepat waktu, penerima hibah juga harus tertib administrasi. Jika ada yang menyelewengkan dana itu, kami akan menindaknya,” tegas Suprapto didampingi Kabag Administrasi Pembangunan Karanganyar, Narimo. pd