3.208 Linmas Amankan Pilgub

Kapolres Karanganyar, AKBP Nazirwan Adji Wibowo sedang melakukan pengecekan personil Linmas saat pelaksanaan apel pengamanan Pilgub di halaman Mapolres Karanganyar, Jumat (24/05)
Kapolres Karanganyar, AKBP Nazirwan Adji Wibowo sedang melakukan pengecekan personil Linmas saat pelaksanaan apel pengamanan Pilgub di halaman Mapolres Karanganyar, Jumat (24/05)

Karanganyar, Jumat (24/05/2013)

Sebanyak 3.208 personil perlindungan masyarakat (Linmas) Karanganyar diterjunkan mengamankan Pilgub Jateng 26 Mei mendatang. Mereka ditempatkan di 1.604 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 17 kecamatan se-Karanganyar.

Penyerahan ribuan petugas itu dilakukan Bupati Rina Iriani kepada Kapolres Karanganyar AKBP  Nazirwan Adji Wibowo dalam apel pengamanan Pilgub di halaman Polres Karanganyar, Jumat (24/5) pagi. Kapolres menegaskan jika pengamanan Pilgub tidak hanya ditekankan pada saat pencoblosan surat suara. Melainkan saat masa tenang, penghitungan suara, hingga pengiriman surat suara ke KPUD Provinsi Jateng.

Dalam keterangannya, Nazirwan menginstruksikan kepada 2/3 kekuatan Polres untuk berjaga-jaga mengamankan jalannya pesta demokrasi se-Jateng itu. Pihaknya juga telah memberikan pedoman dalam bentuk buku kecil kepada semua personil yang ditempatkan di masing-masing TPS.

“H-1 pencoblosan, personil akan melakukan survei ke masing-masing tempat yang telah ditetapkan. Artinya, jika ada sesuatu yang perlu direspon, mereka akan segera melaporkannya kepada kami. Selain itu, kami juga sepakat jika ada masalah, pihak pertama yang digandeng adalah Panwas,” kata Nazirwan.

Dirinya menegaskan, Polres tidak berjalan sendiri namun selalu berkoordinasi dengan tokoh masyarakat dan pihak terkait. Oleh karena itu, diharapkan semua pihak bisa menjaga kondusivitas wilayahnya masing-masing.

Sementara itu, Rina meminta kepada seluruh warga Karanganyar yang sudah memiliki hak suara untuk datang ke TPS. Himbauan itu dilakukan untuk menekan angka golongan putih (Golput). “Saya inginnya masyarakat Karanganyar datang ke TPS dengan senang hati dan tidak golput,” kata Rina. pd