Angka Laka Siswa Turun 90 Persen

Kasat Lantas Polres Karanganyar AKP Suwarsi, menyematkan Pin Pelopor Keselamatan Berlalu lintas ke Bupati Rina Iriani, Rabu (22/05)
Kasat Lantas Polres Karanganyar AKP Suwarsi, menyematkan Pin Pelopor Keselamatan Berlalu lintas ke Bupati Rina Iriani, Rabu (22/05)
Para guru TK dan PAUD menirukkan Yel-yel Pelopor Keselamatan Berlalu lintas
Para guru TK dan PAUD menirukkan Yel-yel Pelopor Keselamatan Berlalu lintas, Rabu (22/05)

Karanganyar, Kamis (23/05/2013)

Tingkat kecelakaan lalu lintas di lingkungan pelajar menurun drastis dalam kurun waktu dua tahun terakhir. Data Satlantas Polres Karanganyar menyebutkan terjadi penurunan angka kecelakaan hingga 90 persen di tahun ini.

Fenomena itu terjadi tidak lepas dari kerja sama Satlantas dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) melalui sekolah-sekolah baik di tingkat TK, SD, SMP, dan SMA.

Data Satlantas menyebutkan, dalam kurun waktu Januari-April tahun 2013, angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pelajar SMA turun sampai 90 persen. Salah satu penyebabnya antara lain keterlibatan sekolah dalam mengimbau siswa agar tidak membawa kendaraan bermotor menuju sekolah.

“Pihak sekolah ikut melakukan pembinaan kepada para siswa dan hasilnya sangat efektif,” kata AKP Suwarsi, Kasat Lantas Polres Karanganyar, Rabu (22/05).

Suwarsi mengatakan, data tahun 2012, dari 400-an kecelakaan yang terjadi, 90 persen melibatkan kendaraan roda dua. Sebanyak 67 persen dari laka lantas roda dua itu melibatkan pelajar. Tingkat kecelakaan yang melibatkan pelajar memang sangat tinggi.

“Sampai April, ada 99 kejadian kecelakaan dan hanya satu yang melibatkan pelajar. Setelah dilakukan pendataan dan analisa, ternyata jumlah laka yang ­­melibatkan pelajar yang menggunakan sepeda motor turun mencapai angka 90 persen,” kata

Sementara itu, di depan ribuan guru TK dan PAUD se-Kabupaten Karanganyar, Satlantas kembali mengajak kerja sama dengan melakukan kampanye keselamatan berlalu lintas. Para pendidik itu diminta ikut mengimbau para orang tua yang mengantarkan anaknya ke sekolah, agar mematuhi peraturan lalu lintas.

Dalam acara itu, pihak Satlantas juga menyematkan pin keselamatan berlalu lintas kepada Bupati Karanganyar, Rina Iriani dan beberapa guru TK serta PAUD. Selain itu, mereka diajak bersama mengikuti yel-yel Pelopor Keselamatan Berlalu lintas yang di pandu langsung AKP Suwarsi

“Saat mengantarkan anak ke sekolah, tolong anaknya juga dipakaikan helm, jangan hanya orang tuanya saja.  Ada yang  mengantarkan anak ke sekolah naik sepeda motor, mulai TK, SD, bahkan SMP, sering anak tidak memakai helm,” kata dia.

Untuk itu, lanjut dia, peran semua pihak hendaknya dilibatkan agar ketertiban dan keselamatan berlalu lintas semakin baik dan Kampanye Pelopor Keselamatan Berlalu lintas terus digalakkan.pd