PEMERINTAH KABUPATEN
KARANGANYAR

Dinkes Adakan Lomba Balita Sehat

Lomba Balita Sehat merupakan salah satu cara menekan angka kematian Ibu dan Bayi

Lomba Balita Sehat merupakan salah satu cara menekan angka kematian Ibu dan Balita

Karanganyar, Kamis (09/05/2013)

Untuk menekan angka kematian Ibu dan Balita, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Karanganyar adakan Lomba Balita Sehat, di Aula Dinkes Karanganyar, Rabu (08/05). Kegiatan itu rutin diadakan setiap tahun.

Agung Respati, Kepala Bidang Bina Kesehatan Keluarga Dinkes Karanganyar, mengatakan, kegiatan ini merupakan lanjutan lomba yang diakan ditingkat Kecamatan. “Yang maju sekarang ini merupakan perwakilan dari masing-masing Kecamatan,” ujar Agung Respati.

Lomba itu dibagi dalam dua kelompok umur, yakni kelompok umur 6-24 bulan yang diikuti sebanyak 19 balita, dan kelompok umur 25-59 bulan sejumlah 21 balita.

Tak hanya balita yang ikut lomba, tetapi Ibu dari balita tersebut juga masuk dalam kriteria penilaian juri. Adapun kriteria penilaian antara lain, pengukuran fisik, kemudian kuisioner gizi, penilaian kesehatan Ibu, pemeriksaan gigi balita, pemeriksaan fisik. Selain itu juga kuisioner, pemberdayaan perempuan, PKK, dan Psikologi.

Lebih lanjut Agung menjelaskan, belum optimalnya tingkat kesadaran Ibu saat hamil didominasi oleh wanita karir. Kesibukan Ibu dalam pekerjaan membuat kesehatan bayi yang dikandung agak kurang diperhatikan.

“Untuk itu, kami secara insentif memberikan penyuluhan melalui pos kesehatan terpadu (Posyandu) di setiap RT, desa, maupun tingkat Kecamatan. Namun, secara umum, tingkat kesadaran Ibu saat hamil sudah baik tetapi belum optimal,” tambahnya.

Dia juga mengungkapkan, petugas di puskesmas terus mensosialisasikan pentingnya pengetahuan kesehatan Ibu dan Bayi, agar pemahaman bisa lebih meningkat. pd

Bagi & Ikuti

Meta

Ditulis pada oleh DISHUBKOMINFO dalam kategori Berita, Kesehatan & Olahraga dan tag , , , , . Klik untuk Bookmark.

Terkait