Karanganyar Targetkan Lulus 100 Persen

Bupati Karanganyar, Rina Iriani (Kiri) memantau pelaksanaan UN di SDLB N Cangakan, Rabu (08/05)
Bupati Karanganyar, Rina Iriani (Kiri) memantau pelaksanaan UN di SDLB N Cangakan, Rabu (08/05)

Karanganyar, Rabu (08/05/2013)

Pelaksanaan Ujian Nasional SD/ MI/ SDLB pada hari terakhir, Rabu (08/05) berjalan dengan lancar. Hal ini terbukti saat Bupati Karanganyar Rina Iriani bersama jajaran Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah sekolah.

Bupati langsung memantau pelaksanaan UN di SDN 01 Gaum Kecamatan Tasikmadu. Dia pun berkesempatan melihat keseriusan para peserta dalam menakhlukkan soal-soal yang berada di depan mejanya. Dalam laporannya kepada orang nomor satu di Karanganyar itu, pihak sekolah memaparkan tidak ada peserta UN yang izin.

Selanjutnya, Rina melanjutkan pengawasan di SD N 02 Gaum Tasikmadu, MI Muhammadiyah Karanganyar, SDN 01 Sukosari, Jumantono. Hasilnya pun sama seperti di sekolah pertama yang dikunjunginya. Rina tidak menemukan adanya kejanggalan terkait petunjuk pelaksana (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis) dalam pelaksanaan tes akhir kelulusan sekolah tingkat dasar itu.

Tidak hanya sekolah reguler, bupati juga memantau pelaksanaan UN hari terakhir di  SDLB N Cangakan. Pantauan pasca Rina datang dari Jakarta usai menerima Wahana Tata Nugraha (WTN) dari Menteri Perhubungan (Menhub) itu dilakukan untuk melihat kesiapan sekolah khusus anak-anak berkebutuhan khusus. Di sekolah itu, terdapat tiga ruang ujian. Salah satu siswa yang memiliki keterbatasan dalam penglihatan, Umi Nur Kholifah (13) terlihat begitu konsentrasi dalam membaca setaip butir soal dalam bahasa Braille.

Melihat kondisi tersebut, Rina yang kala itu masuk ke ruang ujian memberikan semangat kepada gadis kelahiran Jakarta itu. Usai melakukan pemantauan, Rina mengungkapkan apresiasinya kepada seluruh pihak atas kelancaran pelaksanaan UN baik di tingkat SD, SMP, maupun SMA. “Secara garis besar, UN berjalan dengan lancar. Dengan melihat kesiapan panitia dan peserta UN, kami optimis bisa lulus 100 persen,” katanya, kemarin. pd