500 RT Terima Bantuan Pemugaran RTLH

DSC_2934
Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Dansos Pemugaran RTLH

Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat guna pemerataan pembangunan di desa, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Kab. Karanganyar menyalurkan bantuan dana sosial Pemugaran Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) pada Acara Sosialisasi dan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) kegiatan Pemugaran Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Sabtu (18/04) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Untuk 15 Kecamatan 61 Desa 500 RT se Kab. Karanganyar menerima bantuan per RT sebesar sepuluh juta Rupiah. “ Bantuan diberikan secara tunai yang mana bantuan ini dibebankan pada APBD 2013 Kab. Karanganyar. Saya minta Uang sebesar Rp.10 juta/ RT untuk 500 RT se Kab. Karanganyar ini benar-benar digunakan untuk membangun rumah layak huni. Pembelian bahan harus menggunakan nota dan barang yang dibelanjakan haruslah bahan material baku untuk mendirikan bangunan seperti pasir, batu, semen, batako, kayu usuk, genteng. Jangan dibelikan kusen pintu/jendela. Bila itu diperlukan maka biaya dari swadaya masyarakat. Kami beri waktu tiga bulan bangunan rumah harus jadi, sehingga menjelang hari Raya Idul Fitri rumah layak huni sudah siap ditempati sanaak saudara keluarga masing-masing,” terang. Ka. BPMD Kab. Karanganyar Sri Desto S. Sos, M.Si saat menjelaskan kepada para penerima bantuan.

Ditambahkan pula ada dua Kecamatan yang abstein dari dana bantuan sosial RTLH ini yakni Kecamatan Jatiyoso dan Jenawi. Disebabkan kedua kecamatan tersebut belum menyerahkan data.

Sementara itu Bupati Karanganyar menegaskan bahwa bantuan yang diberikan dan selama waktu pendirian pembangunan rumah harus ada pengawasan untuk meninjau sejauh mana berjalan. “Bantuan ini kan menggunakan uang pemerintah, jadi harus ada mekanisme aturannya supaya benar-benar tepat sasaran dan dapat dirasakan manfaatnya oleh para penerima bantuan,” tandas Bupati Rina. (indah/fitri)