Bibit Waluyo Pimpin Apel Siaga Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan

DSC_2611
Bibit Waluyo, Gubernur Jawa Tengah Memberikan Bantuan Sesaat Setelah Apel Siaga Selesai

KARANGANYAR (15/04/2013) – Rombongan Gubernur Jawa Tengah tiba dilokasi Hutan Wisata Gunung Bromo Dukuh Sinongko, Desa Gedong Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar dalam rangka Apel Siaga Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan diiringi kesenian Reog Ngudi Mulyo asal Kec. Ngargoyoso. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Propinsi Jawa Tengah dan perwakilan Forum  Komunikasi Pimpinan Kabupaten Kota se Jawa Tengah serta Perum Perhutani Unit 1 Jawa Tengah.

Dalam Sambutannya Bibit Waluya, kebakaran hutan pada awalnya karena ada sikap ketidakdisiplinan. Api muncul tidak secara tiba-tiba. ”Tapi bisa akibat puntung rokok yang dibuang sembarangan. Maka disiplin perlu ditingkatkan. Merokok tidak dilarang, tapi matikan puntungnya jangan dibuang begitu saja,” katanya. Gubernur meminta masyarakat bersama-sama elemen yang ada,  untuk memiliki kepedulian terhadap gejala kebakaran di hutan. Dia juga berpesan, siapa pun yang melihat gejala api langsung dipadamkan mumpung masih kecil.

Sesaat setelah Apel Siaga selesai, disampaikan bantuan berupa 100 alat pemadam kebakaran tradisional 2 Lembaga Masyarakat Desa Hutan Kab. Karanganyar yang terdiri atas cangkul, sepatu, sabit, garu dan sekop, selain itu diserahkan pula 25 ekor sapi kepada 5 Lembaga Masyarakat Desa Hutan Kab. Karanganyar. Bantuan beras masing-masing 10 Kg kepada 50 keluarga tidak mampu. Dan yang terakhir 150 paket sekolah untuk 6 SD di Kabupaten Karanganyar. (ad,dt)