Pemkab Seleksi Desa Terbaik

Lomba Desa Tahun 2013 Tingkat Kabupaten Karanganyar
Lomba Desa  Tingkat Kabupaten Karanganyar Tahun 2013

Karanganyar, Selasa (09/04/2013)

Sebanyak tiga desa dari tiga Kecamatan yakni Desa Kemiri Kecamatan Kebakkramat, Desa Kaling Kecamatan Tasikmadu, dan Desa Gemantar Kecamatan Jumantono mengikuti Lomba Desa Tingkat Kabupaten Karanganyar tahun 2013, Senin (08/04).

Tepilihnya tiga desa tersebut untuk mengikuti lomba yang dilaksanakan setiap tahun itu telah melalui penyaringan dan kajian dari ratusan desa yang mengajukan untuk ikut lomba.

Selanjutnya, perlombaan ini dimaksudkan untuk menilai keberhasilan pembangunan desa secara terarah, terkoordinasi, terpadu, dan berkelanjutan. “Ajang kali ini bertujuan mengetahui sejauhmana pembangunan yang telah dilaksanakan dalam kurun waktu satu tahun. Kami juga ingin mengetahui seberapa besar peningkatan kualitas kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya keamanan, dan ketertiban di masing-masing desa,” ujar Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermasdes) Kabupaten Karanganyar, Sri Desto Untung Raharjo, di Balai Desa Kemiri, Kebakkramat, kemarin.

Desto menambahkan, bagi pemenang juara I Lomba Desa tahun ini akan diajukan mengikuti lomba tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Di tempat yang sama, Asisten Pemerintahan Kabupaten Karanganyar, Any Indrihastuti, saat membuka Lomba Desa di Balai Desa Kemiri, Kebakkramat, mengatakan, perlombaan itu harus menjadi salah satu strategi yang berkesinambungan dalam upaya pemberdayaan masyarakat desa. Di mana, konsep pemberdayaan di sana harus memberikan ruang kepada masyarakat. Mereka harus diajak untuk meningkatkan kapasitasnya dalam memanfaatkan seluruh sumber daya yang ada, tentunya untuk perbaikan kehidupan masyarakat bersangkutan.

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kerjasama masyarakat dengan pemerintah dalam berbagai bidang pembangunan. Lomba ini juga bertujuan menguatkaan rasa persatuan, kesatuan, dan kesejahteraan bagi warga masyarakat di masing-masing desa,” ujar Any.pd