Gerak Jalan Pemilu Jurdil Meriahkan Car Free Day Karanganyar

Karanganyar, Senin (08/04/2013)

DSC_2471
Bupati Karanganyar Saat Memberangkatkan Peserta Gerak Jalan

Tak kurang 300 peserta ‘Gerak Jalan Sehat Menuju Pemilu Jujur dan Adil’, Minggu (07/04) memadati area Car Free Day di sepanjang  Jl. Lawu Karanganyar Kota. Acara yang diselenggarakan KPU Kabupaten Karanganyar ini, diikuti Muspida, Kepala Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD), Pimpinan Parpol peserta Pemilu Legeslatif 2014 dan warga masyarakat dari berbagai kecamatan.

Selain itu, seluruh penyelenggara Pemilu di tingkat kecamatan, baik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) maupun personil kesekreatiatannya, juga mengikuti  kegiatan yang dimeriahkan puluhan pelajar yang tergabung dalam marching band SMP Negeri Jumantono.

Peserta gerak jalan Minggu pagi ini, diberangkatkan oleh Bupati Karanganyar, Rina Iriani  dari depan Kantor KPU Karanganyar, ditandai dengan pengibaran bendera start. Urutan paling depan barisan KPU Karanganyar bersama  Muspida dan para Pimpinan Parpol yang, diiringi barisan marching band, PPK se kabupaten beserta  sekreatiatannya, disambung puluhan warga masyarakat.

‘Gerak Jalan Sehat Menuju Pemilu Jujur dan Adil’ yang dilaksanakan di area car free day ini, sebagaimana dijelaskan  Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Karanganyar Kustawa Esye, sebagai wahana sekaligus media sosialisasi Pemilu Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang akan berlangsung tanggal 9 April 2014 mendatang.

Materi sosialisasi yang disampaikan kepada para pimpinan Parpol peserta Pemilu 2014 maupun masyarakat luas, menurut dia selain perihal hari pelaksanaan pemungutan suara (9 April 2014), persyaratan maupun pelaksanaan pendaftaran bakal calon legeslatif, system pemungutan suara Pemilu Legeslatif mendatang, juga perihal masing-masing alokasi kursi di setiap Daerah Pemilihan (DP) .

“Pendaftaran calon legeslatif dimulai 9 April sampai 24 April tahun ini, persyaratan administrasikan sudah kami sosialisasikan  kepada seluruh  pimpinan Parpol. Walau demikian, jikalau masih ada yang belum jelas, setiap saat dapat dikonsultasikan ke KPU Karanganyar. Sedangkan system pemungutan suara untuk Pemilu Legeslatif, tidak lagi mencontreng tapi mencoblos”, kata Kustawa Esye.

Seusai mengikuti ‘Gerak Jalan Sehat Menuju Pemilu Jujur dan Adil’, menempuh rute dari kantor KPU Karanganyar, memutar Taman Pancasila dan kembali lagi ke kantor komisioner, ratusan peserta mengikuti pengundian puluhan hadiah hadir yang diselenggarakan penyelenggara. Berbagai hadiah yang pagi itu diberikan kepada peserta diantaranya VCD/ DVD player, tape recorder mini compo, TV-plasma, sepeda gunung dan culkas. maupun hadiah utama. pd