DPU Karanganyar Tetap Tunggu Pengerjaan Pada Musim Kemarau

Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Karanganyar bakal memperbaiki beberapa titik jalan yang rusak saat musim kemarau. Perbaikan ruas jalan bakal diprioritaskan di wilayah Colomadu dan Gondangrejo.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Karanganyar, Priharyanto, mengatakan pihaknya tidak akan melakukan pengaspalan jalan karena intensitas hujan masih tinggi. Jalan yang kondisinya rusak bakal ditambal dengan pasir dan kerikil untuk sementara.
“Menunggu musim kemarau karena kualitas aspal tidak akan sempurna jika dipaksakan saat musim penghujan,” katanya kepada Solopos.com, Senin (1/4/2013).

Menurutnya, aspal jalan mempunyai unsur kimia yang bersifat tak dapat menyatu dengan air. Sehingga proyek pengaspalan jalan dilaksanakan saat datangnya musim kemarau agar kualitas aspal sempurna.

Terdapat beberapa penyebab kerusakan jalan seperti struktur tanah yang labil dan gerak serta frekuensi kendaraan bertonase tinggi yang melewati jalan tersebut. Pihaknya berkomitmen bakal memperbaiki jalan rusak di wilayah Karanganyar secara bertahap.

“Kami tidak mau menyalahkan kendaraan bertonase tinggi, mereka juga membayar pajak kok. Yang jelas jalan yang rusak bakal diperbaiki secara bertahap,” ujarnya.

Menurut Priharyanto, kondisi struktur tanah di wilayah Karanganyar berbeda-beda. Misalnya, struktur tanah di wilayah Gondangrejo bersifat labil dan gerak. Kondisi struktur tanah tersebut memicu mengelupasnya aspal jalan sehingga muncul lubang-lubang jalan.

Sumber : http://www.solopos.com