Siswa TK-SD Sambut Hardiknas

Siswa tingkat SD mengikuti lomba Pentas Seni dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Selasa (26/03)
Siswa tingkat SD mengikuti lomba Pentas Seni dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Selasa (26/03)

Karanganyar, Selasa (26/03/2013)

Sebanyak 420 siswa tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) di 17 kecamatan se-Kabupaten Karanganyar mengikuti lomba pentas seni di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Selasa (26/3). Selain menyambut Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), kegiatan ini diselenggarakan sebagai ajang evaluasi kinerja guru kesenian.

Untuk tingkat TK, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) selaku panitia penyelenggara menetapkan hanya ada satu jenis lomba, yakni gerak dan lagu. Di hadapan dewan juri, siswa-siswa yang berusia di bawah tujuh tahun itu terlihat luwes dan percaya diri menggerakan badannya sesuai irama. Namun, tak jarang gerakan mereka mengundang gelak tawa juri dan penonton.

Sementara itu, untuk jenjang SD panitia menyediakan empat jenis lomba, yakni karawitan, lukis, macapat, solo vocal. Salah seorang Panitia Penyelenggara, Joko Sutrisno menyebutkan acara tersebut dilaksanakan rutin tiap tahun untuk menyambut Hari Pendidikan Nasional yang jatuh setiap tanggal 2 Mei . Khusus 2013, ajang kreasi tingkat TK-SD diselenggarakan selama sehari. “Jadi untuk jenjang TK dan SD, lomba diadakan hari ini di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar,” kata Joko di sela-sela acara, Selasa (26/03).

Dia menyebutkan, lomba ini juga dapat dijadikan wadah evaluas kinerja guru kesenian. Pihaknya ingin mengetahui apa yang telah disampaikan guru kepada para siswa. “Ya tentunya kami juga berharap, siswa-siswa selaku generasi mendatang bisa melestarikan budaya daerah. Dengan begitu, budaya yang ada sekarang bisa terjaga sampai kapan pun,” katanya lagi. pd