Kewaspadaan Dini Tahun Politik 2013

Karanganyar, Jumat (15/03/2013)

2013 merupakan tahun politik, di mana  di dalamnya terdapat agenda Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng), Pemilihan Bupati (Pilbup) Kabupaten Karanganyar, dan Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2014 mendatang. Lantaran banyaknya agenda politik tersebut, maka dikhawatirkan timbulnya gejolak di masyarakat.

Guna mengantisipasi kekhawatiran itu, semua elemen masyarakat di Bumi Intanpari harus meningkatkan kewaspadaannya. Tidak hanya terpaku pada Pemkab, TNI/ Polri, namun masyarakat sipil juga memiliki andil yang besar untuk menciptakan kondusivitas daerahnya masing-masing.

Tidak harus menunggu konflik itu muncul, masyarakat beserta stakeholder di Karanganyar diharapkan bisa mengantisipasinya dari awal. Dengan langkah itu, diharapkan gejolak yang timbul bisa segera tertangani, sehingga tidak semakin meluas.

“Masyarakat hendaknya mempunyai kewaspadaan terhadap potensi gejolak-gejolak gangguan sosial yang dapat menimbulkan konflik,” ujar Kabid Ideologi dan Kewaspadaan Kesbangpolinmas Provinsi Jateng, Eko Prihadi, Jumat (15/3).

Dikatakan Eko, perlu ada kesinambungan gerak antara masyarakat dan Pemerintah. Hal itu ditunjang dengan adanya komunikasi yang baik di antara kedua belah pihak.

Penekanan tersebut juga disampaikan oleh Bupati Karanganyar, Rina Iriani. Dia mengungkapkan masalah tersebut bukan hanya tanggungjawab pemerintah, melainkan harus bersama-sama dan melibatkan peran serta masyarakat. Masyarakat menurut Rina, mempunyai peran penting terkait kepedulian dan tanggap waspada terhadap situasi lingkungannya. “Dengan demikian apabila kemudian muncul masalah akan dapat direspon secara cepat, akurat, dan tepat. Inilah arti penting dengan kewaspadaan dini oleh masyarakat.  Langkah-langkah preventif dapat diupayakan, dengan mengantisipasi gejala sosial agar tidak ada permasalahan yang dapat timbul  seperti konflik sosial di masyarakat,” ujar Rina. pd