224 Siswa SD Ikuti Pesta Siaga

Karanganyar, Senin (11/03/2013)

Pembukaan Pesta Siaga diikuti perwakilan pelajar Sekolah Dasar eks Karesidenan Surakarta, di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar, Minggu (10/03).
Pembukaan Pesta Siaga diikuti perwakilan pelajar Sekolah Dasar eks Karesidenan Surakarta, di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar, Minggu (10/03).

Ratusan pelajar dari berbagai SD se-eks Karesidenan Surakarta mengikuti Pesta Pramuka Bina Wilayah (Binwil) eks Karesidenan Surakarta di halaman Sekretariat Daerah (Setda) Karanganyar, Minggu (10/03) pagi. Kegiatan Pesta Pramuka ini bertujuan untuk menanamkan rasa patriotisme di kalangan pramuka siaga.

Dari total 224 peserta yang ada, terbagi dalam tujuh Kwartir Cabang (Kwarcab) se-eks Karesidenan Surakarta. Setiap kwarcab mengirimkan dua kelompok yang terdiri dari satu barung putra dan satu barung putri. “Di mana untuk setiap barung itu terdiri dari delapan anggota pramuka siaga,” jelas  Sutarno, Wakil Ketua Bidang Bina Muda Binwil eks Karesidenan Surakarta.

Seluruh peserta anggota pramuka siaga mengikuti 17 jenis perlombaan. Antara lain lomba kebersihan, menari, lalu lintas, baris-berbaris dan lainnya. Seluruh rangkaian kegiatan yang digelar kali ini mengambil konsep rekreasi dan edukasi. “Jadi dalam kegiatan ini kami kemas sedemikian menarik agar para peserta tidak merasa bosan,” jelasnya.

Pesta Pramuka ini sendiri digelar secara rutin setiap tahunnya dengan mengambil tempat berpindah-pindah dari satu kabupaten ke kabupaten lain.Bagi peserta yang lolos sebagai juara I–III akan mengikuti pesta pramuka siaga tingkat Kwartir Daerah (Kwarda) di Semarang, April mendatang.

Seorang peserta Kwarcab dari Karanganyar, Heny menilai kegiatan yang diikutinya kali ini cukup baik untuk memberikan pembelajaran bagi generasinya agar hidup disiplin dan berprestasi. Karena antusiasnya, seluruh peserta cukup serius dalam mematangkan persiapannya. “Saya mengikuti lomba lalu lintas dan ingin memenangkannya. Untuk itu, saya telah melakukan latihan selama sebulan,” ungkapnya.

Pesta Siaga Daerah Korwil Surakarta ini dibuka oleh Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesra, Agus Cipto Waluyo. Agus berharapkan Pembina Pramuka harus memberikan contoh dan teladan yang baik bagi anak-anak.

Dalam acara tersebut, juara I putra dimenangkan oleh Kwarcab Sragen dan Kwarcab Boyolali menjadi juara I putri. pd