Bank Daerah Adakan Pengobatan Gratis

Seorang pasien sedang diperiksa dokter dalam pengobatan gratis bagi warga Wonorejo, Bejen, Karanganyar, Rabu (06/03).
Seorang pasien sedang diperiksa dokter, dalam kegiatan pengobatan gratis bagi warga Wonorejo, Bejen, Karanganyar, Rabu (06/03).

Karanganyar, Kamis (07/03/2013).

Bank Daerah Kabupaten Karangnyar mengadakan bakti sosial pengobatan gratis bagi warga desa Wonorejo, Bejen, di PAUD, Rabu (06/03) pagi. Kegiatan itu merupakan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) itu ke-44.

“Kepedulian kami kepada masyarakat seperti pengobatan gratis ini merupakan salah satu wujud pengabdian kami di bidang sosial,” ujar Sudarsito, Direktur Utama Bank Daerah Karanganyar, kemarin.

Dalam pengobatan gratis itu, bank tersebut juga melibatkan Puskesmas Karanganyar Kota dengan mengerahkan 11 petugasnya, yakni empat tenaga administrasi, empat tenaga farmasi, dan tiga dokter.

Tampak pula ratusan orang yang tengah menunggu giliran untuk diberi pengobatan. Sebagian besar warga memiliki keluhan penyakit ringan, di antaranya flu, demam, dan pegal linu. Satu per satu pasien dipanggil oleh petugas dan langsung menuju ke ruang pemeriksaan. Di sana sudah menunggu dokter yang siap memberikan diagnosa dan obat kepada para penderita.

Salah seorang pasien Suparti, (70) mengeluhkan sakit pegal linu yang sudah lama diderita. Setelah namanya dipanggil, Lansia itu curhat kepada dokter tentang keluhanannya. Setelah beberapa lama, sang dokter langsung mengecek tekanan darah dan detak jantung. Tidak hanya itu, sang dokter langsung menulis resep dan memberikan perawat untuk mengambilkan obat serta memberikannya kepada Suparti.

“Saya senang ada pengobatan gratis. Badan saya pegal linu dan sempat diperiksakan ke dokter. Tapi kok tidak sembuh-sembuh. Ya akhirnya saya ke sini,” kata dia saat keluar dari ruang pemeriksaan. pd