MUI Jateng : Hindari Penggunaan Zakat Bersifat Konsumtif

Bupati Karanganyar menandatangani peresmian gedung baru Basiz Kabupaten Karanganyar.
Bupati Karanganyar Rina Iriani menandatangani peresmian gedung baru Basiz Kabupaten Karanganyar.

Karanganyar, Jumat (01/03/2013).

Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah (Jateng), Ahmad Rofiq meminta Bazis di masing-masing Kabupaten/ Kota untuk cermat dalam menyalurkan zakat. Kecermatan itu untuk menghindari penggunaan zakat untuk hal-hal yang bersifat konsumtif.

Hal ini dia sampaikan dalam khutbah iftitah peresmian Gedung Bazis Karanganyar di kompleks Masjid Agung dan juga pelantikan pengurus MUI Karanganyar periode 2013-2018, Kamis (28/2). Menurutnya, khusus zakat mal tidak diperbolehkan untuk konsumtif. “Kalau konsumtif, sudah diwakilkan zakat fitrah dan infaq shodaqoh.  Kalau zakat mal dan uang harusnya lebih merujuk pada efek jangka panjang,” kata dia.

Dirinya memaparkan jika zakat itu diharapkan bisa mengurangi  angka kemiskinan. Pertimbangannya, semakin banyak zakat yang disalurkan, maka cepat atau lambat bisa membantu masyarakat yang membutuhkan. “Ya sebagai contoh di Jateng ada 15 persen warga miskin. Zakat yang terkumpul disalurkan pada orang-orang yang membutuhkan, tidak menutup kemungkinan angka kemiskinan bisa turun menjadi 10 persen atau bahkan lima persen,” ujar dia.

Disinggung mengenai zakat di Jateng, baru 10 persen yang bisa diberdayakan. Sebanyak 5,5 persen disalurkan lewat Bazis dan sisanya sebesar 4,5 persen penyalurannya menggunakan lembaga zakat lainnya. “Kami berharap sisanya yakni 90 persen disalurkan langsung tanpa menggunakan lembaga penyalur zakat,” katanya.

Kepala Bidang Jaringan Baznas Pusat, Naharus Surur menyebut, dari sekian banyak orang yang menitipkan zakat, sebagian besar berasal dari pegawai negeri sipil (PNS). Sementara itu, jumlah masyarakat umum yang menyalurkan zakat lewat bazis bisa dikatakan masih rendah.

Dari deretan tamu undangan, terlihat Bupati Karanganyar Rina Iriani, Wakil Bupati Karanganyar Paryono, Kapolres Karanganyar AKBP Nazirwan Adji Wibowo, dan Dandim Letkol Edi Basuki. pd