Turis Manca Kunjungi Sukuh dan Cetho

Mahasiswa asing yang mengikuti program pertukaran pelajar, mengunjungi Candi Cetho, Jenawi, dan Candi Sukuh, Ngargoyoso, Rabu (20/02)
Mahasiswa asing yang mengikuti program pertukaran pelajar, mengunjungi Candi Cetho, Jenawi, dan Candi Sukuh, Ngargoyoso, Rabu (20/02)

Karanganyar, Kamis (21/02/2013).

Sebanyak 25 orang mahasiswa asing yang mengikuti program pertukaran pelajar, mengunjungi Candi Cetho, Jenawi, dan Candi Sukuh, Ngargoyoso, Rabu (20/02) pagi. Mereka berasal dari negara Chili, Cina, dan Korea.

Kegiatan itu merupakan rangkaian Fam Tour yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karanganyar.

Candi Ceto dan Sukuh dipilih menjadi tujuan tour  mereka dengan pertimbangan, tempat tersebut menyimpan kekayaan alam dan histori yang tidak bisa ditemui di daerah lain. Hal ini dikuatkan dengan data kunjungan turis asing yang tercatat di Disparbud Karanganyar di tiap bulan meningkat. Di mana, dalam laporan itu memperlihatkan peningkatan jumlah kunjungan pada 2012 lalu, khususnya periode akhir. Tercatat ada 308 turis asing yang datang ke Candi Ceto dan 654 turus mancanegara  menikmati keindahan Candi Sukuh.

Terkait dengan promosi pariwisata, Disbudpar Jateng sudah melakukan sejumlah langkah. Selain melakukan pengenalan dalam tour, pihak Pemprov juga sudah melakukan mempromosikan keindahan alam dan potensi wisata di sejumlah event, baik di tingkat provinsi, nasional, hingga internasional. Pemprov juga langsung mengunjungi negara-negara yang potensial mendatangkan wisatawan ke Jateng.

Salah seorang mahasiswa asal Cina yang mengikuti Fam Tour, Jesson mengatakan jika senang mengunjungi Candi Sukuh dan Cetho. dirinya mengaku tempat tersebut sangat istimewa karena memiliki udara yang sangat segar. “Saya belum pernah menjumpai udara segar seperti di sini. jadi, ini luar biasa dan saya ingin berlama-lama di sini. Berhubung waktunya mendesak, maka kapan-kapan saya akan ke sini lagi dengan mengajak teman-teman,” jelas dia.

 

. pd