Satpol Siap Amankan Pilkades

Karanganyar, Selasa (19/02/2013)

Pemkab Karanganyar akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tahap II di 91 desa, pada Kamis (21/2) mendatang. Guna memperlancar ajang demokrasi itu, sejumlah petugas diturunkan ke lapangan.

Petugas tersebut berasal dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Polres, Kodim, dan Linmas Kabupaten Karanganyar. Pengamanan dilakukan bukan hanya pada hari H pemilihan, melainkan beberapa hari sebelumnya.

Kepala Satpol PP Karanganyar, Mei Subroto menyampaikan, pihaknya sudah melakukan pembagian tugas bagi Linmas dan Satpol PP. “Nantinya, kami menerjunkan dua orang Linmas di tiap desa. Selain itu, untuk keamanan dan kelancaran Pilkades juga akan kami back up dengan menempatkan tiga orang anggota Satpol PP di tiap kecamatan,” kata dia, Senin (18/2).

Dikatakan Mei, anggota Satpol PP itu akan melakukan pemantauan dengan berkeliling ke desa-desa dan menggunakan sistem giliran. Dengan begitu, imbuh dia, pelaksanaan Pilkades bisa berjalan dengan lancar. “Kami siap membantu kelancaran Pilkades tahap II. Kami bertugas untuk menjaga keamanan demi kelancaran proses pemungutan suara hingga penghitunganya,” ujar dia.

Disinggung soal persiapan, dirinya menegaskan siap memberikan pembekalan kepada para petugasnya. Selain itu, pada H-1 Pilkades, yakni Rabu (20/1) akan dilakukan pengecekan, terkait kesiapan petugas.

Di sisi lain, pihaknya berharap masyarakat juga bisa menjaga keamanan desanya masing-masing. Meski dimungkinkan suasana akan panas lantaran persaingan antarpendukung, namun dirinya menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak mudah terpancing emosinya.

 

.pd