BNPB: Bengawan Solo Normal

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Karanganyar, Aji Pratomo Heru K menyatakan untuk sementara arus air Sungai Bengawan Solo normal. Sementara itu tiga tenda pengungsi yang didirikan di halaman salah satu warga di Dusun Daleman, Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, Karanganyar, Selasa (8/1/2013) telah dibongkar.

Karena seluruh warga yang mengungsi telah kembali ke rumah masing-masing. “Untuk sementara ini air Sungai Bengawan Solo normal, namun demikian kami berharap warga tetap waspada. Tolong jalinlah komunikasi dengan kami, sehingga nanti kalau ada perkembangan apa pun kami bisa memberi tahu,”ujar Heru ketika memberi sambutan seusai menyerahkan bantuan kepada korban banjir di Dusun Daleman, Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, Karanganyar, Selasa (8/1).

Seperti diwartakan sebelumnya sebelumnya sebanyak 46 kepala keluarga di Dusun Daleman, Ngringo, Jaten, Karanganyar pada Sabtu (5/1) kebanjiran akibat Sungai Bengawan Solo meluap. Ketinggian air bah di kawasan itu mencapai dada orang dewasa.

Lebih lanjut Heru mengatakan saat ini seluruh wilayah Karanganyar untuk sementara aman dari banjir luapan Sungai Bengawan Solo. Namun jika di daerah-daerah bagian hulu yang mempunyai air bermuara ke Bengawan seperti Klaten, Sukoharjo dan Wonogiri hujan deras, warga diminta waspada. Karena keamanan Karanganyar dari luapan air bah Sungai Bengawan Solo di antaranya tergantung dari kondisi daerah-daerah tersebut.

Pada bagian lain BNPB kemarin juga memberi bantuan sejumlah kebutuhan sehari-hari seperti sembako, obat-obatan ringan, air bersih dalam kemasan, selimut dan sebagainya. Bantuan langsung diserahkan kepada korban banjir di dusun mereka.

“Jangan dilihat dari besar atau kecilnya nilai sumbangan ini, tetapi ini sebagai rasa peduli kami terhadap saudara-saudara kami yang tertimpa musibah. Saya harap warga di sini tidak manja, artinya yang harus berkerja ya bekerja lah seperti biasa. Jangan bermalas-malasan. Contohlah Mbah Bayan yang sudah sepuh dan seharusnya pensiun ini masih mau menyempatkan diri datang ke lokasi,” ujar dia.

Sementara itu Ketua Lingkungan Warga Dusun Daleman, Desa Ngringo, Jaten, Anwar mengucapkan terima kasih atas pemberian bantuan tersebut. Dia menjelaskan sebelumnya dia mengaku telah menerima bantuan dari berbagai pihak.