PENGAMANAN NATAL: Polisi Pasang Metal Detector di Gereja

Polisi bakal memasang alat metal detector di setiap gereja untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru. Langkah tersebut dilakukan untuk menjamin keamanan umat Kristiani yang tengah beribadah.

Pernyataan ini disampaikan Kapolres Karanganyar, AKBP Nazirwan Adji Wibowo  Selasa (18/12/2012).

Pengamanan Natal dan Tahun Baru difokuskan pada tempat beribadah. Petugas bakal disiagakan selama pelaksanaan misa di setiap gereja.

Metal detector dan anjing pelacak sudah disiapkan, kami tidak mau kecolongan bila terjadi hal-hal yang tak diinginkan,” katanya, Selasa siang.

Selain itu, pengamanan juga bakal diprioritaskan pada pusat keramaian dan perbelanjaan di Karanganyar. Lokasi tersebut bakal dijaga super ketat agar tidak terjadi tindak kriminalitas. Sebab, dipastikan pusat keramaian maupun perbelanjaan bakal dipenuhi warga yang ingin merayakan malam Tahun Baru.

Polres Karanganyar menyiapkan 2/3 kekuatan polisi atau sebanyak 600 polisi untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru. “Ormas dan elemen masyarakat juga dilibatkan dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru. Kami ingin situasi keamanan Karanganyar tetap kondusif,” jelasnya.

Sementara Kasubag Humas Polres Karanganyar, AKP Didik Noer TJ, menyatakan penjagaan di wilayah perbatasan antara Karanganyar dengan Solo bakal diperketat. Polres Karanganyar bakal di back-up Satuan Brimob Polda Jateng yang disebar di beberapa lokasi. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi aksi teror yang semakin nekat pada akhir-akhir ini.

Apalagi mobilitas kendaraan bermotor yang melewati wilayah perbatasan seperti Palur dan Sroyo cukup tinggi. “Aksi teror sudah berani menembak petugas makanya penjagaan di wilayah perbatasan dengan Solo diperketat dengan bantuan personel Brimob,” tambahnya