SEJUMLAH WARNET BELUM BERIZIN

Karanganyar, Senin (26/11/2012)

Jajaran Bidang Kominfo, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) melakukan monitoring ke sejumlah warung internet (Warnet) dan game online di Kecamatan Kerjo dan Mojogedang, Sabtu (24/11) siang. Monitoring tersebut dilakukan guna mengecek sisi perizinan, pelayanan konten/ isi layanan, setting tempat layanan.

Setidaknya ada lima Warnet dan game online yang menjadi  sasaran monitoring, di antaranya dua tempat di wilayah Kecamatan Mojogedang. Sedangkan sisanya sebanyak tiga tempat penyedia jasa informasi dan game lainnya berada di Kecamatan Kerjo.

Hasilnya, Pemkab dalam hal ini melalui bidang Kominfo masih menemukan Warnet dan game online yang belum berizin dan memberikan pelayanan yang belum bagus dalam hal setting tempat layanan atau ruangan. Bahkan, di salah satu Warnet di Kecamatan Mojogedang justru memiliki bilik yang terlalu tinggi dan dimungkinan besar bisa disalahgunakan oleh para pengguna jasa informasi tersebut.

Kecemasan tersebut terbukti dengan ditemukannya sepasang remaja yang sedang berpacaran di salah satu Warnet itu. Saat kepergok, salah seorang siswi SMP di Kabupaten Karanganyar dan temannya tersebut berdalih ingin mengerjakan tugas sekolah.

Kepala Bidang (Kabid) Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Dishubkominfo Karanganyar, Sri Herlina mengatakan, hasil monitoring tersebut akan jadikan dasar pengambilan kebijakan ke depan. “Melihat temuan di lapangan, kami akan melakukan tindaklanjut. Konkretnya, data yang kami kumpulkan akan menjadi bahan pembuatan kajian aturan mengenai jasa informasi,” kata Lina di sela-sela monitoring.

Hal yang juga wajib dicermati oleh para pemilik Warnet yakni soal setting bilik yang dipasang dan dinilai terlalu tinggi. Hal ini ditekankan pasca penemuan sepasang remaja yang sedang berpacaran. “Ini akan menjadi bahan pencermatan dan pengawasan kami pada warnet di semua wilayah Kabupaten Karanganyar,” ujar dia.

 

.ek/pd