TARI INDONESIAKU PECAHKAN REKOR MURI

Karanganyar, Senin (19/11/2012)

Lagi-lagi, Kabupaten Karanganyar mengukir prestasi dan sejarah baru. Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) mencatat dan memberikan penghargaan tari bertajuk Indonesiaku sebagai tarian dengan peserta terbanyak.

Tercatat, pertunjukan tari itu diikuti oleh 4270 pelajar perempuan dari SD, SMP, dan SMA se-Kabupaten Karanganyar. Data MURI menyebutkan jika prestasi ini dicatat masuk buku rekor dengan nomor 5693.

Sebatas informasi, tarian massal yang digelar di Alun-Alun Karanganyar, Minggu (18/11) itu merupakan rangkaian kegiatan Hari Jadi Karanganyar ke-95. Pemecahan rekor MURI tersebut dilakukan usai acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT), yakni upacara. “Penghargaan ini kami berikan untuk tari Indonesiaku sebagai peserta terbanyak. Semoga ini menjadi pendorong bagi daerah-daerah lain untuk mengukur prestasi yang lebih bagus,” kata Deputi Manager MURI, Ariani Siregar.

Sementara itu, Bupati Karanganyar, Rina Iriani SR menjelaskan, nama tari Indonesiaku dipilih lantaran melambangkan keanekaragaman tari dari seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. “Ini merupakan miniatur Indonesia. Tari ini gabungan berbagai macam tari Indonesia. Misalnya orang Jawa bisa menarikan tari Aceh, Bali, dan lainnya. Dan inilah Indonesia”, ¬†ujar Rina yang juga sebagai pencipta tari tersebut.

Dia menambahkan, guna melahirkan tari tersebut pihaknya membutuhkan waktu tiga Minggu. Pertunjukkan kemarin, ribuan siswa usia sekolah itu menghabiskan waktu selama 30 menit untuk menarikan kesenian gerak tubuh sejumlah daerah di Indonesia.

.pd