PILKADES KARANGANYAR: 36 Kades Incumbent Maju Pilkades

Sebanyak 36 kepala desa (kades) incumbent dipastikan bakal meramaikan pesta demokrasi tingkat desa Desember mendatang. Kabag Pemerintahan Desa (Pemdes) dan Kelurahan Pemkab Karangayar, Sunarno, menjelaskan posisi incumbent lebih kuat dibanding para penantangnya. Bahkan dia menyebut persentase kemenangan incumbent bisa mencapai 70 persen dibanding kandidat penantang.

Alasannya incumbent sudah membuktikan kinerja mereka selama masa bakti lima tahun. “Secara perhitungan posisi incumbent memang lebih kuat,” jelasnya, Selasa (13/11/2012). Namun menurut Sunarno, tidak semua incumbent berpeluang memenangi pilkades. Sebab sebagian incumbent terbukti tidak mampu menunjukkan kinerja positif selama memimpin desa mereka. Lebih jauh lagi pertarungan balon kades bakal berlangsung sengit bila para kandidat balon kades merupakan figur baru.

Terpisah, Sekretaris Kecamatan Jatiyoso, Budi Santoso, menjelaskan, bila tidak ada kandidat penantang incumbent, pilkades bisa tetap berlangsung.

Pilkades digelar dengan hanya satu balon kades melawan kotak suara kosong. Untuk memenangi pilkades, balon bersangkutan harus bisa unggul 50 persen plus satu suara, dari total suara sah. Di Jatiyoso sendiri ada empat desa yang akan menggelar pilkades Desember mendatang yakni Desa Jatiyoso, Tlobo, Karangsari dan Beruk.