Bupati Karanganyar Buka Pentas Seni Sekolah

Karanganyar, Rabu (07/11/2012)

Ratusan anak yang berasal dari 17 Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Karanganyar mengikuti lomba karawitan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Selasa (6/11). Acara itu merupakan serangkaian acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Karanganyar ke-95.

17 SD itu mewakili 17 kecamatan yang ada di Bumi Intanpari. Belasan SD tersebut menampilkan keterampilannya dalam memainkan gamelan di depan ratusan pasang mata.

Bupati Karanganyar, Rina Iriani Sri Ratnaningsih saat membuka lomba itu menyatakan kebanggaannya atas kemampuan siswa-siswa SD itu. Dalam sambutannya, dirinya berpesan agar warisan budaya Jawa salah satunya karawitan harus tetap dilestarikan dan diturunkan ke generasi berikutnya.

“Kita tentunya ikut bangga dan menjaga seni budaya kita. Di luar negeri, seperti seni karawitan sangat digemari. Banyak sekali dibuat kelompok-kelompok pecinta karawitan,” katanya.

Lewat pentas seni ini pihaknya berharap agar jiwa kebangsaan terhadap budaya bangsa bisa semakin kuat. Melalui anak didik di semua jenjang pendidikan, pewarisan budaya ini bisa terjaga dan lestari.

Sementara itu, selain lomba karawitan, Pemerintah Kabupaten Karanganyar juga menggelar sejumlah lomba dalam merayakan Hadi Jadinya. Sejumlah perlombaan yang juga diikuti oleh siswa SD, SMP, SMA/ SMK antara lain seni tari, seni  lukis, dan desain.  Agenda itu digelar mulai Selasa (6/11) hingga Rabu (7/11). Adapun tempat yang digunakan untuk kegiatan  tersebut juga dipecah, di antaranya Pendopo Rumah Dinas Bupati, PKPRI, Balai Desa Cangakan, dan Aula Dinas Kesehatan.

“Dengan adanya kegiatan ini tentunya sebagai kreativitas prestasi juga melestarikan budaya lokal khusus nya untuk para siswa dan guru bidang seni,” ujar Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Karanganyar, Nurhasan Wahyu Riyanto.

.pd