200 Kendaraan Dinas Segera Dilelang

Sekitar 200 kendaraan dinas di lingkungan Pemkab Karanganyar akan dilelang pada tahun ini. Langkah itu dilakukan untuk mengurangi beban anggaran yang dikeluarkan untuk operasional kendaraan dinas.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DP2KAD) Karanganyar, Tatag Prabawanto, mengungkapkan pihaknya segera mengajukan rencana pelaksanaan lelang kendaraan dinas ke bupati. “Segera kita usulkan ke bupati agar lelang bisa dilakukan sebelum tutup anggaran tahun ini,” kata Tatag, kemarin.

Menurut Tatag, selain untuk mengurangi beban anggaran, kendaraan dinas yang dilelang tersebut kondisinya sudah tua. “Yang kita lelang, ya yang tahun lama,” ujarnya.

Menurutnya, sekitar 70 persen kendaraan dinas milik Pemkab merupakan kendaraan dengan tahun keluaran lama dan kualitasnya sudah menurun. Sehingga, jika tak segera dilelang maka keberadaannya hanya akan membebani anggaran.

“Seperti mobil-mobil eks camat itu, yang seharusnya sudah dilelang, sepeda motor juga. Lelang ini salah satunya sebagai upaya efisiensi. Kalau sudah kita lelang maka tidak perlu lagi ada pengeluaran anggaran operasional maupun untuk perawatan,” ungkap Tatag.
Jika rencana lelang ini sudah disetujui oleh bupati, DP2KAD segera membentuk tim dan berkoordinasi dengan kantor pelayanan kekayaan negara dan lelang (KPKNL) untuk memastikan waktu dan teknis pelaksanaan lelang. “Sekarang belum bisa kita pastikan waktu pelaksanaannya, tapi yang jelas kita harapkan bisa dilaksanakan tahun ini,” tukasnya.

Ditanya apakah pelaksanaan lelang akan diikuti dengan pengadaan kendaraan dinas baru, Tatag mengaku belum dapat memastikan. Pengadaan kendaraan dinas baru tersebut harus melihat kemampuan keuangan daerah pada anggaran tahun 2013 mendatang. “Apakah akan membeli kendaraan dinas baru, kita lihat nanti keuangan daerah bagaimana. Apalagi tahun depan akan ada agenda Pilkada yang tentu butuh alokasi anggaran besar,” katanya.