KARANGANYAR RAIH USO AWARD 2012

Eko Supriyadi di dampingi Kepala Bidang Kominfo Dishubkominfo Karanganyar Sri Herlina saat menerima USO Award 2012, di Hotel Grand Aston Kota Medan, Kamis (18/10)

Karanganyar, 20 Oktober 2012

Kabupaten Karanganyar mewakili Provinsi Jawa Tengah meraih Universal Services Obligation (USO) AWARD 2012. Penganugerahan atas nama Eko Supriyadi, M.Eng tersebut menjadi juara I kategori lomba karya ilmiah makalah terbaik pemberdayaan ICT mengungguli kabupaten/ kota lainnya se-Jawa Tengah.

Pemberian penghargaan tersebut diberikan saat pembukaan penganugerahan ICTPURA dan USO AWARD 2012, di Hotel Grand Aston Kota Medan, Kamis (18/10). sebagai informasi, ICTPURA dianugerahkan kepada pemerintah daerah yang berhasil mendorong, memberdayakan, dan memanfaatkan Information and Communication Technology (ICT).

Eko yang saat ini menampilkan makalahnya bertajuk “Pendekatan Multidimensi Pemberdayaan ICT Untuk Meningkatkan Keuntungan Multisektor Bagi Masyarakat Marginal” berharap, dengan adanya penghargaan ini, pemberdayaan ICT kabupaten Karanganyar secara lebih agresif dan nyata, terutama dalam menggalakkan internet sehat dan aman untuk pelajar dan masyarakat umum.

Menurutnya, masyarakat perlu dilindungi hak-haknya dalam memperoleh informasi yang bermanfaat, menggunakan teknologi komunikasi secara lebih sehat dan positif, serta memberikan nilai tambah bagi masyarakat dari berbagai level dan profesi, terutama level grassroot yang notabene belum terlalu melek teknologi. “Dari sisi regulasi, kami berharap ada penataan perencanaan pembangunan ICT di tingkat pemerintahan, baik dari sisi infrastruktur, aplikasi, termasuk regulasi dalam bidang pos dan telekomunikasi yang masih menjadi wilayah kewenangan Kabupaten/Kota. Dengan begitu, masyarakat dan pemerintah bisa bekerja sama dalam mewujudkan masyarakat melek teknologi,” kata Eko, Sabtu (20/10).

Program yang diusung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) ini merupakan sebagian dari serangkaian implementasi atas project IT-Masterplan oleh DeTIKNas (Dewan TIK Nasional). Dengan keberadaan perlombaan ini diharapkan dapat membangitkan semangat bagi institusi pemerintah, masyarakat, dan media dalam menggalakkan pemanfaatan tenkonogi informasi yang sehat dan aman bagi kemajuan bangsa.

.pd/ek