KEBAKARAN DEKAT MAL LUWES PALUR, Belasan Lapak Pedagang Buah Ludes

Belasan lapak pedagang kaki lima (PKL) buah segar di Jl Solo-Tawangmangu tepatnya di sebelah Mal Luwes Palur ludes terbakar, Sabtu (22/9/2012) malam. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut tapi kerugiaan materiil diperkirakan mencapai Rp200 juta.

Informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, kebakaran terjadi sekitar pukul 19.00 WIB. Api muncul kali pertama dari lapak pedagang di bagian paling barat. Diduga api berasal hubungan pendek arus listrik.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, kepada wartawan mengatakan, jumlah lapak/kios yang terbakar sekitar 15 unit. “Kerugian masih kami taksir, yang pasti tidak kecil karena ada dagangan berupa buah yang ikut ludes terbakar,” katanya.

Sedangkan salah seorang korban, Aris Wahyu, menuturkan hanya dalam waktu 30 menit api meluluhlantakkan lapak pedagang. Satu ton buah segar dagangan milik belasan pedagang tidak berhasil diselamatkan. Dia menduga api berasal dari jilatan api kompor. “Mobil Damkar datang telat, lapak sudah ludes terbakar,” katanya.

Menurut dia saat kejadian, lapak masih dioperasikan pedagang. Sebab biasanya lapak tutup pukul 22.00 WIB. Mengetahui ada kobaran api pedagang berusaha memadamkan api menggunakan alat seadanya seperti ember. Namun malang kobaran api tidak bisa dikendalikan. Kobaran api sempat dikhawatirkan merembet ke bangunan Mal Luwes. Manajemen Mal Luwes pun menghentikan operasi lantaran aliran listrik di sekitar lokasi kebakaran dimatikan.