Pendaftaran Parpol di KPU Ditutup 14 Partai Politik Daftarkan Diri

KPU Karanganyar resmi menutup pendaftaran partai politik (Parpol), Jumat (7/9), sesuai dengan Peraturan KPU No 11 Tahun 2012. Sementara sampai batas akhir pendaftaran kemarin sudah 14 Parpol mendaftarkan diri.

Ketua KPU Karanganyar, Sri Handoko, mengatakan meski pendaftaran sudah ditutup namun Parpol yang dinyatakan lolos oleh KPU Pusat masih bisa mendaftar. “Kami di KPU Karanganyar hanya bersifat pemberkasan saja. Jika Parpol dinyatakan lolos verifikasi oleh KPU Pusat, maka kami tetap akan menerima kelengkapan pemberkasan Parpol yang bersangkutan,” jelasnya, Jumat (7/9).

Parpol yang dinyatakan lolos oleh KPU Pusat tetap akan dilayani untuk pemenuhan kelengkapan pemberkasan terkait jumlah kartu tanda anggota (KTA) hingga 29 September mendatang. “Untuk Karanganyar jumlah KTA yang diserahkan Parpol minimal 1.000,” tambah Handoko.

Dengan adanya ketentuan tersebut, Handoko menjelaskan bahwa KPU tidak dapat menerima pendaftaran bagi Parpol yang terlambat. Apalagi bagi Parpol yang dinyatakan tidak lolos oleh KPU Pusat. “Jika di pusat saja tidak lolos verifikasi, buat apa mendaftar,” ujarnya.

Pihak KPU sendiri mengaku sebelumnya sudah ada 21 Parpol yang mengambil formulir pendaftaran. Namun hanya 14 Parpol yang mengembalikan formulir yakni Partai Nasdem, PKS, Partai Demokrat, Partai Serikat Rakyat Independen (SRI), Partai Hanura, PPP, PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB), PKB, PAN, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), dan Partai Persatuan Nasional (PPN).