Pembangunan Jalan Nangsri Butuh Dana Rp350 Juta

Pembangunan jalan Desa Nangsri membutuhkan dana Rp350 juta. Jalan di Desa Nangsri menghubungkan Nangsri Lor dan Tasgunting kini dipenuhi lubang.  Jalan tersebut merupakan akses kendaraan pertanian dan warga.

“Jalannya nggronjal bikin kendaraan rusak.  Harus hati-hati kalau lewat sini! Harapannya supaya cepat diperbaiki,” ungkap Sri, warga yang kebetulan melintas di jalan itu.

Dikonfirmasi ke Lurah Desa Nangsri, Sukarni, sudah berencana melakukan pembangunan jalan desa itu.  “Perbaikan jalan sepanjang kira-kira dua kilometer itu sudah kami buat perencanaannya.  Jalan yang akan diperbaiki juga sudah digambar.  Tinggal tunggu dana saja,” jelas Sukarni.

Menyoal dana, Sukarni mengeluh karena tidak ada anggaran desa yang dapat digunakan untuk melakukan pembangunan desa.  Perencanaan Sukarni, dana PNPM 2013 seluruhnya akan ia kucurkan untuk proyek perbaikan jalan.  Itupun, menurutnya tak cukup.

“Dana PNPM paling hanya sekitar Rp100 juta.  Tidak dapat memenuhi taksiran pengeluaran biaya yang mencapai Rp350 juta.  Untuk swadaya warga juga tidak memungkinkan untuk menutup pendanaan yang begitu besar,” ungkap Sukarni.

Sukarni telah berupaya mengirimkan proposal pembangunan jalan sampai tingkat provinsi.  Namun, sampai saat ini belum ada tanggapan.  Demikian pula dengan bantuan dari Pemkab Karanganyar juga belum ada.