Tahun Ini 497 Jemaah Haji Diberangkatkan

Tahun ini sebanyak 497 jemaah haji asal Karanganyar bakal diberangkatkan ke Tanah Suci. Dari jumlah itu, sebagian besar sudah melunasi pembayaran ongkos naik haji. “Yang sudah lunas sekitar 476 orang, dan pelunasan terakhir sampai dengan 8 September mendatang,” kata Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Karanganyar, Tarsa, Kamis (30/8).
Sejauh ini Pemkab sendiri belum bisa memastikan kapan jemaah haji tersebut akan diberangkatkan. Jadwal pemberangkatan sepenuhnya kewenangan pusat. Dan saat ini jemaah haji masih dalam tahap pembekalan. “Hari ini (kemarin) masih pembekalan dan rencananya dua hari,” ujar Tarsa.
Pembekalan pertama dilakukan di Pendapa Rumah Dinas Bupati dengan materi seputar teori haji. Kemudian dilanjutkan hari ini, Jumat (31/8), praktik manasik haji di dua tempat. “Praktiknya manasik digelar di Masjid Agung Karanganyar dan Lapangan Malanggaten, Kebakkramat,” tambah Tarsa.
Dari ratusan jumlah jemaah haji itu, paling banyak dari Kecamatan Karanganyar Kota yaitu mencapai 100-an jemaah. Kemudian disusul Kecamatan Jaten sekitar 80 orang. “Di sisa kecamatan lainnya jumlahnya merata,” kata Tarsa.