Musim Lebaran, Penziarah Makam Soeharto Berjubel

Makam mantan Presiden Soeharto di Astana Giri Bangun, Matesih, Karanganyar tak luput dari serbuan pengunjung selama liburan Lebaran ini. “Lonjakan jumlah pengunjung ke makam Pak Harto terlihat sejak kemarin,” kata Juru Kunci Makam Astana Giri Bangun, Sukirno, Rabu (22/8), seperti dikutip di Vivanews.

Menurut Sukirno, selama musim Lebaran jumlah pengunjung bisa mencapai 2.500 orang per hari. Padahal, pada hari biasa, jumlah pengunjung makam penguasa Orde Baru itu hanya berkisar antara 100-200 orang per hari.

“Pengunjungnya memang membeludak. Peningkatan terlihat sejak hari pertama dengan jumlah pengunjung mencapai 1.000 lebih. Selasa kemarin jumlah pengunjung naik drastis lagi,” ujar Sukirno.

Ia memprediksi lonjakan penziarah maupun pengunjung makam Soeharto akan berlangsung hingga hari kelima Lebaran nanti. “Selama itu jumlah pengunjung pasti masih di atas 2.000 orang per hari. Ini karena sebagian besar pengunjung adalah pemudik,” ucap Sukirno.

Sang juru kunci makam itu juga menambahkan, Lebaran ini belum ada satu pun keluarga Cendana yang mengunjungi makam Soeharto. “Putra-putri Pak Harto itu biasanya berziarah ke sini sebelum Ramadan,” kata Sukirno.