90 Dokter Disiagakan di Pos-pos Kesehatan

Sebanyak 90 dokter dan 180 perawat disiagakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar selama arus mudik dan balik lebaran. Mereka bakal bertugas di posko-posko kesehatan yang didirikan terpadu dengan pos pengamanan (Pospam) milik Polres Karanganyar.
“Pos kesehatan kami tambahkan di dua tempat yakni Gondangrejo dan Karangpandan karena padatnya kendaraan saat ini,” ujar Kepala Dinkes Karanganyar, Cucuk Heru Kusumo, Jumat (10/8).
Meskipun arus mudik belum begitu padat, namun pos kesehatan tersebut akan beroperasi mulai hari ini, Sabtu (11/8). Namun pengoperasiannya bakal dimaksimalkan mulai Minggu (12/8) dan berakhir pada H+7 lebaran.
Selain itu, sebanyak 21 puskesmas yang ada di Karanganyar juga akan tetap beroperasi 24 jam selama arus mudik dan lebaran. Koordinasi terkait sarana kesehatan dengan bidan desa dan balai kesehatan juga sudah dilakukan. “Selama arus mudik ini kami akan intensifkan tim gerak cepat,” tambah Cucuk.
Sementara itu, Direktur Unit Donor Darah (UDD) PMI Karanganyar, Yaqub Iskandar, mengatakan stok darah yang ada hingga saat ini masih cukup untuk musim lebaran. Tercatat masih ada stok sedikitnya 300 kantong darah. “Bagi yang membutuhkan darah nanti bisa melalui RSUD Karanganyar atau PMI Karanganyar,” jelasnya.