PUSKESMAS: Jelang Lebaran, 24 Puskesmas Disiagakan

Sebanyak 24 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di Karanganyar disiagakan menjelang Lebaran. Para petugas kesehatan juga disiagakan di pos pengamanan Lebaran yang tersebar di beberapa titik lokasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, Cucuk Heru Kusumo, mengatakan terdapat beberapa Puskesmas yang disiagakan selama 24 jam menjelang Lebaran. Puskesmas itu berada di jalur mudik dan balik Lebaran.

“Yang kami siagakan sebanyak 24 Puskesmas namun yang melayani pasien selama 24 jam hanya yang berada di jalur mudik,” ujarnya saat ditemui akhir pekan kemarin.

Puskesmas yang disiagakan tersebut terdiri dari 18 Puskesmas perawatan dan enam rawat inap. Para pemudik yang sakit dapat berobat di Puskesmas di sekitarnya.

Selain itu, lanjut Cucuk,  pihaknya juga akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mendirikan Posko Layanan Kesehatan di objek wisata dan terminal bus. “Nanti kami akan koordinasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Jasa Raharja untuk mendirikan pos kesehatan. Kemungkinan ada delapan pos kesehatan seperti tahun lalu, “ paparnya.