Lampu Jalan di Kebakkramat Ditambah

Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Karanganyar segera menambah jumlah penerangan jalan di sembilan titik di wilayah Kecamatan Kebakkramat. Penerangan tambahan tersebut utamanya di sepanjang jalan dari arah Palur ke Kebakkramat untuk mengantisipasi tingginya angka kecelakaan.
“Pada tiap titik akan dipasang dua lampu, sehingga jumlahnya 18 lampu jalan. Sehingga bisa menerangi sisi kanan dan kiri, utamanya di malam hari,” kata Kepala DKP Karanganyar, Maulan, Sabtu (28/7).
Dijelaskannya, jarak pemasangan antartitik pemasangan lampu jalan tersebut akan dibuat agak renggang, yaitu sekitar 50 meter. “Sengaja dibuat agak renggang, agar penerangan jalan merata,” ujarnya.
Saat ini proses lelang berupa pengadaan barang untuk pemasangan lampu jalan di Kebakkramat sudah selesai. “Jika semua lancar maka paling tidak bulan depan sudah bisa dimulai pemasangan lampunya,” jelasnya.
Di jalur Solo-Sragen, utamanya di wilayah Kebakkramat angka kecelakaan memang cukup tinggi. Apalagi mendekati musim lebaran seperti sekarang, dipastikan intensitas kendaraan yang melintas semakin tinggi. “Kita coba antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Maulan.
Maulan menambahkan, penambahan lampu jalan juga akan dilakukan di sejumlah tempat secara bertahap. Untuk saat ini saja jumlah lampu jalan yang dikelola DKP Karanganyar sebanyak 1.600-an lampu. “Itu tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Karanganyar,” ujarnya.