WERENG Serang Tanaman Padi di Ngringo

Petani di Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, Karanganyar mengeluhkan serangan hama wereng yang kian mengganas. Akibatnya petani mengalami gagal panen pada musim tanam kali ini.

Bayan Banaran, Desa Ngringo, Suharso menuturkan hama wereng menyerang tanaman padi miliknya seluas 6.000 meter persegi. Wereng menyerang tanaman padi sejak berusia satu bulan.

Wes ora panen tenan. Ini sudah keempat kali tidak panen karena diserang wereng,” keluhnya ketika dijumpai, Kamis (26/7/2012).

Dia mengaku berbagai upaya telah dilakukan untuk mengantisipasi serangan hama wereng. Namun tetap saja serangan wereng terus terjadi, bahkan semakin mengganas hingga menyebabkan tanaman padi miliknya mati. Kondisi ini menimbulkan kerugian cukup besar. “Kalau panen bisa dapat Rp15 juta. Tapi ini tidak panen. Padahal untuk biaya garapan habisnya Rp5 juta. Kami hanya berharap ada bantuan obat,” katanya.

Dia mengatakan hampir sebagian besar tanaman padi di Ngringo diserang hama wereng. Serangan wereng terjadi sangat cepat. Dalam sehari tanaman padi bisa langsung mati. Dia mengaku selama ini mengalami kesulitan untuk memutus mata rantai wereng. “Disemprot sampai tenaganya habis ya tetap saja tidak mati,” katanya.

Senada petani lain, Warso yang mengatakan panen kali ini turun hingga 30 persen lantaran sebagian tanaman padinya diserang hama wereng. Beruntung, dia menturkan serangan hama wereng tidak menyerang seluruh lahan pertanian miliknya. “Lumayan masih bisa panen meski turun. Sekarang sudah mulai tanam lagi,” katanya.

Selain wereng, dia mengatakan juga mulai mewaspadai serangan hama keong emas memasuki musim tanam (MT) II. Biasanya hama keong emas menyerang tanaman padi berusian dua pekan.