GUNUNG LAWU: Kebakaran Landa Lereng Timur Lawu, Karanganyar Waspada

Kebakaran yang melanda hutan di bagian timur Gunung Lawu masih terlihat di wilayah Nglerak Petak I, dan Jogorogo Ngawi, Jatim. Kobaran api sempat mengarah ke kawasan hutan yang berada di wilayah Karanganyar, Senin (23/7/2012) lalu.

Anggota Karanganyar Rescue, Maryono, mengatakan titik api masih tampak di sekitar kawasan Nglerak petak I di wilayah Ngawi, Jatim. Sementara titik api lainnya yang berada di sekitar Bulak Peperangan dan Telogo Dlingo sudah padam.

“Kami masih memantau pergerakan titik api, sementara masih terlihat di kawasan Nglerak Petak I wilayah Ngawi, Jatim, “ ujarnya saat dihubungi, Selasa (24/7/2012).

Menurutnya, kebakaran berawal  di kawasan Nglerak Petak I namun merembet ke arah selatan menuju Bulak Peperangan, Sabtu (21/7/2012) sekitar pukul 22.00 WIB. Kobaran api begitu cepat karena didukung angin gunung yang berhembus ke lereng gunung. Apalagi di kawasan itu banyak terdapat pohon berukuran besar yang mati sehingga mudah terbakar.

Tim gabungan dari SAR, Anak Gunung Lawu (AGL) dan Karanganyar Rescue berkoordinasi dengan Perum Perhutani Solo melakukan antisipasi di perbatasan wilayah Karanganyar dan Jatim. “Pihak Perhutani Solo dengan cepat mengantisipasi agar kebakaran tidak merambat hingga Karanganyar. Kami juga selalu berkoordinasi dengan Perhutani Ngawi,” katanya.

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Aji Pratama Heru K, menuturkan  kebakaran itu menghanguskan sedikitnya 15 hektare lahan hutan terutama di wilayah Nglerak Petak I dan Bulak Peperangan. Pihaknya telah menyiagakan sekitar 50 anggota AGL yang bertugas memantau perkembangan kebakaran di lereng Gunung Lawu.

“Pergerakan api begitu cepat karena ada angin gunung, semoga saja tidak meluas ke wilayah Karanganyar,” jelasnya.